Rajin Makan Ubi Jalar, Kulit Bisa Mulus dan Bersinar

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 02 Mei 2019 11:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Ada banyak manfaat sehat dari rajin konsumsi ubi. Bagi yang mau kulit mulus, cerah, dan bersinar, rajin konsumsi ubi juga bisa jadi solusinya.

Tak kalah dengan bengkuang, ubi jalar juga memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Paling baik dikonsumsi rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Tanaman yang masih bersaudara dengan kentang ini dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Selain mengandung pati, ubi jalar juga mengandung omega 3, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Vitaminnya pun cukup lengkap yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Rajin Makan Ubi Jalar, Kulit Bisa Mulus dan BersinarFoto: iStock

Khusus untuk manfaat bagi kulit, ubi jalar bisa dimakan langsung atau diracik jadi masker wajah alami. Ubi jalar membantu mencerahkan wajah dan juga membuat kulit Anda lebih lembut dan tampak muda. Buku 'Healing Foods' yang diterbitkan DK Publishing House menulis, "Kadar beta-karotennya yang tinggi membuat ubi jalar berkhasiat bagus bagi kulit dengan memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit."

Baca Juga: Meski Murah, Ubi yang Manis Punya 4 Manfaat Sehat Ini

Ubi jalar memang kaya akan vitamin C dan Vitamin E, ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat, bercahaya dan kenyal. Vitamin C membantu meningkatkan kolagen yang mengencangkan kulit Anda. Antioksidan yang terkandung dalam ubi jalar juga membuat wajah berkilau alami. Kandungan super lainnya pada ubi jalar adalah anthocyanin yang membantu mencegah noda dan bintik hitam.

Rajin Makan Ubi Jalar, Kulit Bisa Mulus dan BersinarFoto: Food Network

Ubi jalar memiliki rasa manis. Maka dalam memasaknya juga harus berhati-hati. Apabila ubi digoreng, ternyata dapat menghilangkan nutrisinya. Maka lebih baik dikukus atau direbus. Dengan ini, akan membantu karbohidrat dan nutrisi penting tidak hilang. Untuk mengolahnya, rebus ubi jalar selama 30 menit sampai lunak. Selanjutnya, haluskan dengan mentega lalu taburkan beberapa bumbu di atasnya. Nikmati selagi panas agar makin nikmat.

Cara lain adalah dengan menambahkan ubi jalar ke dalam semur atau salad. Selain makin enak, penambahan ubi menghadirkan asupan karbohidrat yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: 5 Jenis Umbi Ini Paling Enak Digoreng Garing (adr/adr)