Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 19 Apr 2019 09:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah rendah kalori ini cocok bagi yang sedang berdiet dan ingin makan buah. Selain rasanya enak, buah ini juga mampu kontrol makan berlebihan.

Buah-buahan mengandung vitamin, antioksidan dan mineral hingga serat yang bisa pertahankan pola makan sehat.

Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan, buah adalah pilihan makanan yang bagus. Buah-buahan, dengan rasa manis alami, kaya akan karbohidrat dan memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu tinggi.

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Tapi, tidak semuanya sama. Ada beberapa buah-buahan, yang memiliki jumlah kalori lebih rendah daripada buah-buahan lain yang ternyata baik bagi kesehatan.

Inilah beberapa buah rendah kalori yang mampu menurunkan berat badan Anda seperti yang telah dilansir dilaman NDTV (17/4/2019)

Baca Juga: Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih Cepat

1. Pepaya

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Pepaya mengandung vitamin A dan C serta sejumlah enzim, yang melumasi saluran pencernaan dan mencegah sembelit serta perut kembung.

Pepaya adalah buah yang kaya akan kalsium, vitamin, zat besi, dan riboflavin. Pepaya juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. Kandungan papain dalam buah pepaya juga membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi konstipasi. Karena itulah buah ini sangat baik untuk diet.

2. Semangka

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Semangka memiliki kadar air yang tinggi. Kadar air yang tinggi bisa membantu hidrasi tubuh, menyegarkan dan rendah kalori. Semangka mengandung antioksidan aktif - likopen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan dari penyakit kronis.

Konsumsi semangka sangat menyehatkan karena memberi Anda energi. Semangka merupakan buah padat nutrisi dengan banyak kandungan air dan rendah kalori.

Ini alasan semangka jadi makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan. Buah ini menyediakan sejumlah besar vitamin, mineral, dan antioksidan.

3. Alpukat

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Alpukat memiliki karbohidrat rendah serta kalori rendah. Alpukat termasuk buah yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Alpukat juga mengandung lemak yang dapat membantu kesehatan untuk fungsi jantung.

4. Stroberi

Stroberi memiliki kalium dan vitamin C yang tinggi tetapi karbohidrat, gula, dan kalorinya rendah. Buah ini dapat dikonsumsi dengan salad, yogurt, smoothie, jus dan pancake atau dimakan langsung.

5. Apel

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Buah padat nutrisi ini adalah solusi untuk hampir semua masalah kesehatan termasuk untuk penambahan berat badan. Buah ini dikemas dengan serat tetapi juga memiliki kalori, yang menjadikan buah ini cocok untuk dimakan tiap hari.

6. Jeruk

Mengandung vitamin C, buah jeruk ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Dan karena kandungan airnya yang tinggi, jeruk ini jadi mudah dicerna.

Jeruk juga mengandung vitamin A, kalsium, magnesium dan vitamin B6 yang cukup banyak. Kandungan inilah yang bermanfaat sehat untuk tubuh.

7. Aprikot

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Buah nol kalori ini akan membantu Anda menjadi lebih langsing dalam waktu singkat. Aprikot yang berserat, menjadikan buah ini bagus untuk sistem pencernaan yang sehat. Vitamin yang ada dilamnya juga dapat membantu kesehatan mata dan kulit yang kuat.

8. Nanas

Bromelain, enzim yang terkandung dalam nanas, sangat membantu untuk menjauhkan penyakit serius. Buah ini juga dapat membantu gangguan pencernaan dan mampu mengurangi sebagian besar alergi.

9. Ceri

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Dok. JNTO

Buah kecil ini ternyata memiliki peran besar dalam mencegah obesitas. Buah ini juga dapat membuat tubuh berenergi dan mempertahankan kadar gula darah secara efektif.

Ceri yang dapat bermanfaat demikian hanyalah ceri yang masih segar, bukan manisan ceri yang biasa untuk hiasan cake.

10. Blueberry

Rendah Kalori, 10 Buah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Blueberry adalah buah yang dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan kadar gula yang rendah. Buah ini dianggap sebagai buah yang baik untuk pasien diabetes. Bukan hanya itu, blueberry juga bagus untuk kesehatan otak dan jantung.

Baca Juga: 8 Trik Ngemil Sehat yang Cegah Berat Badan Naik (dwa/lus)