Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih Cepat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Jan 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Sudah mulai berdiet? Untuk sarapan, Anda bisa melahap lima buah ini. Kalorinya yang minim dijamin bantu usaha turunkan berat badan.

Kelima buah ini disebut pakar kesehatan sebagai makanan kalori negatif karena kandungan kalorinya sangat rendah. Mengonsumsi jenis buah ini sangat cocok bagi pelaku diet karena energi yang terbuang dari mengonsumsinya lebih banyak dari kalori yang terkandung dalam buah itu sendiri sehingga tidak memicu kenaikkan berat badan.

Karenanya buah yang tergolong makanan kalori negatif ini cocok dilahap saat sarapan. NDTV (3/1) merangkum infonya seperti berikut.

1. Apel

Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih CepatFoto: Istimewa

Apel tinggi kandungan pektin yang merupakan serat larut. Jenis serat ini mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sekaligus menjaga pelepasan gula dalam aliran darah secara perlahan. Karena sifat inilah, apel disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan.

2. Strawberry

Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih CepatFoto: iStock

Pencinta buah berry seperti strawberry, blueberry, dan raspberry bisa melahap buah favoritnya di pagi hari. Jenis buah berry ini hanya mengandung 32 kalori saja tiap 64 gram. Manfaat lainnya, buah berry tinggi antioksidan dan mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa sehatkan jantung. Buah berry enak dijadikan smoothies atau ditambahkan dalam semangkuk sereal.

Baca Juga: Konsumsi Kiwi dan Strawberry di Pagi Hari Bisa Penuhi Asupan Vitamin C dan Serat

3. Semangka

Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih CepatFoto: iStock

Tak usah susah-susah mencari buah mahal untuk sarapan, semangka juga bagus dikonsumsi. Komposisinya yang berupa 95% air membuat semangka hanya mengandung 30 kalori per 100 gram. Makan semangka juga bisa memperbaiki aliran darah dalam tubuh dan meningkatkan imunitas. Anda bisa melahap semangka dalam bentuk utuh atau mencampurnya dalam smoothies.

4. Lemon

Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih CepatFoto: Istock

Buah asam segar ini sudah terkenal akan manfaatnya untuk turunkan berat badan. Saat sarapan, Anda bisa mengonsumsi segelas air lemon yang dicampur madu. Soal kalori, tiap 100 gram lemon mengandung sekitar 29 kalori saja. Dengan meminum air lemon di pagi hari, metabolisme tubuh Anda juga akan lebih baik.

5. Grapefruit

Sarapan 5 Buah Ini Picu Penurunan Berat Badan Lebih CepatFoto: Instagram

Dari 'keluarga' jeruk, grapefruit juga cocok dikonsumsi pagi hari. Meskipun jarang ditemui di Indonesia, sesekali Anda bisa mencobanya untuk sarapan. Tiap 100 gram grapefruit mengandung 40 kalori. Grapefruit mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa meningkatkan imunitas Anda. Sekaligus membuat kulit lembap dan sehat.

Baca Juga: Kulit Mulus dan Badan Ramping Berkat Grapefruit

(adr/odi)