Sebaiknya Jangan Konsumsi Bahan Makanan Ini Sebelum Olahraga

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 18 Apr 2019 06:33 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Siapa bilang dilarang makan sebelum olahraga. Makan sebelum olahraga justru menambah energi tubuh. Berikut bahan makanan yang aman dikonsumsi sebelum olahraga.

Tubuh juga butuh asupan sebelum berolahraga. Tapi tidak semua bahan makanan baik dikonsumsi saat melakukan kegiatan fisik itu. Alih-alih makin semangat, salah pilih makanan justru bisa bikin tubuh penuh dan bergas.

Saat berolahraga, otot-otot tubuh membutuhkan banyak darah untuk dipompa. Karenanya aliran darah ke wilayah perut akan terbatas.

Psst.. Sebaiknya Jangan Konsumsi Bahan Makanan Ini Sebelum OlahragaFoto: iStock

Saat itu terjadi, perut yang terisi penuh membutuhkan energi lebih untuk mencerna makanan. Hal inilah yang menghabiskan banyak energi dalam tubuh.

Untuk itu, jika ingin mempertahankan energi secara baik selama olahraga, konsumsilah asupan karbohidrat dan protein seraya membatasi asupan lemak.

Dikutip dari Asia One (13/4), asupan terbaik sebelum berolahraga antara lain telur, yoghurt, ubi, keju, sepotong roti panggang dengan selai kacang, buah-buahan segar hingga smoothie buah/yoghurt.

Jika inginkan bahan makanan yang praktis, buah apel dan pisang jadi pilihan tepat. Pertama, pisang sangat mudah dicerna sekaligus jadi sumber gula alami, karbohidrat sederhana, dan kalium.

Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium yang bantu atasi kram otot, kurangi tingkat stres, dan mendorong rasa kantuk.

Psst.. Sebaiknya Jangan Konsumsi Bahan Makanan Ini Sebelum OlahragaFoto: Istock

Baca juga:Jangan Dibuang! Pisang yang Terlalu Masak Ternyata Punya 5 Manfaat Ini

Lalu makanan apa saja yang seharusnya dihindari sebelum berolahraga?

Jawabannya, hidangan seperti salad serta kacang-kacangan, tumbuhan polong, sayuran silangan seperti brokoli, bok choy, kol, kembang kol, sayuran hijau, dan biji-bijian.

Psst.. Sebaiknya Jangan Konsumsi Bahan Makanan Ini Sebelum OlahragaFoto: iStock

Semua bahan itu sulit dicerna tubuh sehingga dapat mengganggu proses olahraga. Sebab perut akan terasa penuh dan bergas.

Namun ada kabar baik bagi penikmat kopi. Menurut beberapa ahli, menyesap kopi sebelum berolahraga tidak masalah. Justru konsumsi kafein disebut bisa tingkatkan kinerja atletik.

Dengan begini Anda tahu apa yang sebaiknya Anda konsumsi sebelum berolahraga nanti. Selamat mencoba!

Baca juga: Makan Sebelum Olahraga Boleh Saja, Asal Pilihan Makanan Sesuai


Begini Rumus Menghitung Asupan Kalori per Hari, Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)