Sering Migrain? Coba Atasi dengan Sering Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 17 Apr 2019 12:45 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pusing kepala sebelah atau migrain sering dialami banyak orang. Daripada terus-minum obat coba atasi dengan konsumsi makanan sehat. Nutrisinya mampu redakan migrain.

Perubahan cuaca, stres, kurang tidur, fluktuasi kadar estrogen, serta dari makanan dan minuman tak sehat dapat memicu migrain. Mengontrol makanan yang dikonsumsi bisa mengurangi efek migrain serta intensitas sakit kepala yang dirasakan.

Dikutip dari Reader's Digest berbagai sumber, berikut 5 makanan sehat yang dapat membantu redakan migrain.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!

Sering Migrain? Coba Atasi dengan Sering Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: Istock

1. Buah, sayuran dan kacang polong

Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan mengandung estrogen yang memberikan efek negatif dari estrogen alami yang dihasilkan tubuh kita. Hal ini sangat membantu wanita redakan migrain saat menstruasi, yang mungkin disebabkan oleh penurunan estrogen. Semakin tinggi level estrogen, maka semakin kecil Anda mengalami migrain.

Serat dalam makanan dapat melawan migrain. Ini dapat menghilangkan kelebihan estrogen dari tubuh bersama dengan limbah, sehingga tidak didaur ulang kembali ke aliran darah Anda. Makanan ini juga rendah lemak. Ketika Anda makan sedikit lemak, maka tubuh akan menghasilkan lebih sedikit estrogen

2. Ikan salmon

Ikan yang mengandung lemak sehat sangat baik untuk jantung. Salmon dan beberapa jenis ikan berlemak lainnya bisa membantu mengendalikan migrain. Ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA.

Beberapa penelitian tentang senyawa anti-inflamasi yang dilakukan di Universitas Cincinnati menunjukkan bahwa ikan dalam bentuk suplemen dapat mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan migrain pada beberapa orang selama enam minggu.

Sering Migrain? Coba Atasi dengan Sering Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: iStock

3. Kopi

Meskipun kafein dapat memicu migrain, tetapi beberapa cangkir kopi dapat membantu meringankan rasa sakit ketika sedang migrain. Kafein sangat efektif dalam membantu mengecilkan pembuluh darah yang membengkak di otak. Dan ini adalah salah satu bahan utama dalam obat-obatan migrain yang dijual bebas.

4. Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa jahe mengandung beberapa senyawa kuat yang mirip dengan obat anti inflamasi non-steroid. Jahe dapat bekerja melawan migrain dengan memblokir zat peradangan yang disebut prostaglandin. Jahe belum diuji secara ketat apakah dapat menghilangkan sakit kepala atau tidak. Selain itu jahe juga dapat meringankan mual yang sering berhubungan migrain.

Ketika migrain menyerang, campurkan jahe bubuk dalam segelas air dan minum setiap beberapa jam untuk membantu mengurangi rasa sakit. Anda juga bisa memakan permen jahe.

Sering Migrain? Coba Atasi dengan Sering Konsumsi 5 Makanan Sehat IniFoto: detikFood/iStock


5. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Biji-bijian utuh, kacang-kacangan dan sayuran berwarna hijau tua semuanya mengandung magnesium tinggi. Kadar magnesium yang rendah dapat membuat otak sensitif, hal tersebut adalah pemicu migrain.

Sayuran berdaun hijau gelap sangat kaya akan nutrisi. Bayam, kale, selada, dan brokoli termasuk sayuran sehat yang bisa Anda konsumsi untuk dapat mencegah migrain. Bayam misalnya kaya akan vitamin B2, B6 dan juga omega 3 yang telah terbukti dapat mengurangi migrain. Vitamin B2 atau riboflavin telah terbukti efektif mengurangi frekuensi dan juga durasi sakit kepala termasuk migrain.

Baca Juga: Sering Migrain? Coba Perbanyak Konsumsi 5 Makanan Ini

(adr/odi)