Sering Ngemil Kacang Bisa Cegah Penyakit Alzheimer dan Jantung

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 15 Apr 2019 11:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kacang mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Namun kandungan omega 3 dari kacang ternyata juga bisa cegah penyakit jantung dan alzheimer.

Menurut para ahli gizi, kalau Anda lapar cobalah ngemil segenggam kacang. Namun kacang mengandung lemak dan tinggi kalori. Hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya kacang jenis apa yang sehat?

Sering Ngemil Kacang Bisa Cegah Penyakit Alzheimer dan JantungFoto: iStock

Kacang almond, walnuts, kacang mete, pistachio, pecan dan kacang tanah menjadi camilan yang enak. Menurut ahli diet asal New York City yaitu Natalie Rizzo, M.S., R.D, kacang-kacangan adalah sumber yang baik untuk lemak jantung dan protein nabati yang sehat. "Dan kombinasi dari nutrisi itu memang benar-benar mengisi. Makan kacang sedikit akan merasa cepat kenyang," katanya.

Baca Juga: Sandiaga Sebut Kacang Hijau dan Susu Bisa Cegah Stunting, Apa Nutrisinya?

Walaupun kacang tinggi kalori dan lemak, tetapi kacang dapat membantu tahan lapar. "Lemak sehat masih memiliki banyak kalori, jadi kacang bisa menjadi bom kalori jika Anda makan terlalu banyak, tetapi menurut saya sebaiknya Anda jangan makan terlalu banyak," kata Rizzo

Kalori kacang bervariasi besarnya sesuai dengan jumlah kacang di setiap porsi. Misalnya, satu porsi kacang walnut hanya cukup konsumsi tujuh buah karena mereka tinggi lemak yaitu 185 kalori dan 18 gram lemak. Dibandingkan dengan 49 pistachio yang didalamnya ada sekitar satu ounce atau sekitar 28 gram per porsi.

Sering Ngemil Kacang Bisa Cegah Penyakit Alzheimer dan JantungFoto: iStock

Rizzo juga menambahkan kalau manfaat kesehatan dari kacang sangat banyak. Sehingga ada juga penelitian lain yang telah menemukan bahwa dengan makan kacang akan berisiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Contohnya adalah walnuts yang tinggi omega-3 dan terkait dengan peningkatan fungsi kognitif, terutama pada seseorang dengan penyakit Alzheimer. menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrients awal tahun ini, konsumsi walnuts juga dikatakan dapat menurunkan depresi.

Beda dengan kacang almond, kacang ini lebih tinggi vitamin E dibandingkan dengan kacang lainnya, dan almond mengandung kalsium sehingga almond baik bagi kulit dan tulang, kata Rizzo.

Sering Ngemil Kacang Bisa Cegah Penyakit Alzheimer dan JantungFoto: iStock

Kacang tanah juga merupakan sumber protein nabati yang baik. Kacang tanah bisa diolah menjadi selai kacang sebagai camilan setelah berolahraga. Satu porsi selai kacang mengandung 7 gram protein dan karena jumlah yang disarankan untuk diet adalah 15 gram. Beri empat sendok makan pada roti bakar atau irisan apel cocok untuk camilan.

Baca Juga: Bukan Hanya Kedelai, 5 Jenis Kacang Ini Juga Bisa Dibuat Jadi Tempe (lus/lus)