Cegah Perut Buncit, Konsumsilah 5 Sayuran Ini Setiap Hari

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 10 Apr 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sayuran sehat wajib ada dalam makanan Anda. Beberapa sayuran ini bisa mencegah perut buncit dan bikin tubuh langsing.

Penelitian telah menunjukkan bahwa selain rajin berolahraga dan berdiet, makan berbagai jenis sayuran juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menghilangkan lemak di perut. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung serat dan tinggi zat gizi.

Sayuran dan buah-buahan dikemas penuh dengan zat gizi, vitamin, mineral dan antioksidan yang mencegah atau mengobati banyak penyakit. Kandungan seratnya yang tinggi juga disebut paling optimal mencegah perut buncit.

Lemak perut tidak hanya dapat membuat penampilan tak menarik. Akan tetapi juga dapat berisiko terkena penyakit diabetes, jantung hingga kanker. Bagi Anda yang memiliki lemak disekitar perut dan pinggang, sebaiknya banyak-banyak konsumsi sayuran ini.

Dikutip dalam Times Now News (17/01), berikut ini 5 jenis sayuran yang dapat membakar lemak hanya dalam 1 minggu.

Baca Juga: Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini Ya!

1. Paprika Hijau

Cegah Perut Buncit, Konsumsilah 5 Sayuran Ini Setiap HariFoto: Istimewa

Paprika hijau ialah sayuran yang memiliki rasa manis dengan aroma khas. Paprika hijau juga mengandung kalori yang rendah dan tinggi akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Sayuran ini juga mengandung serat yang baik untuk tubuh. Tambahkan paprika ke dalam diet Anda untuk membantu tingkatkan metabolisme sehingga lemak di perut hilang.

Paprika hijau dapat dimasak dengan cara ditumis atau dipanggang.

2. Kentang

Cegah Perut Buncit, Konsumsilah 5 Sayuran Ini Setiap HariFoto: Istock

Kentang bisa jadi salah satu jenis sayuran yang mengandung karbohidrat untuk pengganti nasi. Kentang juga rendah kalori tetapi mengandung kalium cukup tinggi. Keduanya dapat membantu mengalahkan dan mengimbangi natrium.

Kentang juga mengandung protein dan serat. Sehingga kentang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, selama kentang tidak digoreng.

3. Jamur

Cegah Perut Buncit, Konsumsilah 5 Sayuran Ini Setiap HariFoto: iStock

Antioksidan, protein hingga serta ada dalam jamur. Jamur adalah makanan yang enak dan cocok untuk diet dan juga bisa untuk membantu melangsingkan tubuh. Jamur rendah kalori namun tinggi kandungan air dan memiliki vitamin D yang sangat baik.

Jenis-jenis protein yang ditemukan dalam jamur telah terbukti dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Konsumsi jamur dapat menghindarkan Anda dari makan berlebihan.

4. Bawang merah

Cegah Perut Buncit, Konsumsilah 5 Sayuran Ini Setiap HariFoto: iStock

Bawang merah termasuk rendah kalori dan sumber nutrisi hebat yang efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan quercetin yang tinggi membantu meningkatkan metabolisme serta mencegah penumpukan lemak. Diet yang mengandung banyak makanan quercetin juga akan membantu meningkatkan asupan serat dan senyawa antioksidan lainnya.

5. Sayuran hijau

Cegah Perut Buncit, Konsumsilah 5 Sayuran Ini Setiap HariFoto: iStock

Sayuran hijau berdaun seperti bayam dan brokoli tidak hanya menyediakan serat dalam jumlah besar untuk diet Anda, mereka juga memiliki banyak vitamin dan mineral penting yang dapat membantu menangkal efek natrium yang memicu pengembungan pada perut.

Jadikan sayuran hijau sebagai bagian rutin dari diet supaya dapat meningkatkan metabolisme, membersihkan usus besar dan mencegah bertambahnya lemak perut.

Baca Juga: Mau Berat Badan Cepat Turun? Ini 5 Tips Praktisnya (lus/lus)