Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya, Telur Goreng dengan Minyak atau Margarin?

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 05 Apr 2019 05:09 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Telur jadi salah satu lauk praktis yang sering dijadikan sarapan. Telur enak digoreng dengan minyak atau margarin? Mana yang lebih rendah kalori?

Makanan yang disajikan saat sarapan tentu harus yang mudah diolah. Telur mengandung protein, omega 3, vitamin D dan juga biotin. Semuanya sangat baik untuk menunjang kesehatan dan memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Pilih Mana, Telur Goreng dengan Minyak atau Margarin?Foto: iStock

Untuk sarapan super cepat, banyak orang mengonsumsi telur ceplok goreng dengan tambahan nasi atau roti. Dalam 100 gram telur ayam mengandung 154 Kkal, 12,4 gr protein, 10,8 gr lemak, 86 mg kalsium dan 3 mg zat besi.

Baca juga: Sarapan Telur Sebelum Jam 8 Pagi Bisa Bikin Tubuh Ramping, Ini Sebabnya

Jika satu butir telur goreng dengan berat 100 gram ditambah dengan 1 sdm margarin dapat menghasilkan kalori sebanyak 262 Kkal. Dan jika ditambah dengan 1 sdm minyak goreng menjadi 286,6 Kkal.

Kalau tidak ingin menambah kalori, Anda bisa mengonsumsi telur rebus tanpa tambahan minyak. Cara ini lebih optimal jika Anda sedang melakukan diet peurunan berat badan.

Pilih Mana, Telur Goreng dengan Minyak atau Margarin?Foto: iStock

Agar lebih sehat, telur juga dapat dinikmati dengan paduan roti gandum, bayam rebus atau buah-buahan. Kombinasi ini dapat membantu tubuh lebih berenergi dan memberi nutrisi tubuh sehingga pas untuk memulai hari.

Selain itu, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya sangat baik untuk kesehatan mata. Yuk, sarapan dengan telur!

Baca juga:Mau Bikin Olahan Telur Enak Buat Sarapan? Ini 9 Pilihan yang Praktis dan Enak (lus/odi)