Agar Kadar Asam Urat Tetap Normal, Konsumsi 10 Makanan Enak Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 25 Mar 2019 13:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Asam urat bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Mulai dari apel hingga makanan tinggi vitamin C yang menyegarkan.

Penyakit asam urat adalah artritis yang terjadi saat seseorang memiliki terlalu banyak asam urat dalam darah yang kemudian membentuk kristal di salah satu sendi. Gejalanya antara lain sakit persendian, nyeri saat disentuh, hingga merasa kaku di bagian sendi.

Jika tak ditangani dengan tepat, asam urat bisa membuat seseorang drop. Ahmad Dhani, contohnya, baru-baru ini harus diinfus saat mendekam di Rutan Medaeng akibat asam urat. Kuasa hukumnya mengatakan asam urat Dhani dipicu banyak hal seperti pola makan yang tidak terkontrol dan jarang olahraga.

Baca Juga: Ahmad Dhani Sampai Diinfus, Apakah Asam Urat Bisa Membahayakan?

Yang terpenting adalah menghindari makanan yang mengandung purin sehingga produksi asam urat tidak meningkat. Beberapa makanan tinggi purin adalah jeroan, ikan teri, jamur, hingga kembang kol.

Nah, untuk mencegahnya, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi. Informasinya dirangkum Times of India (25/3) seperti berikut.

Agar Kadar Asam Urat Tetap Normal, Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: Istimewa

1. Apel
Apel terkenal dengan manfaat sehatnya. Konsumsi apel secara rutin bisa cegah asam urat sebab apel mengandung asam malat. Jenis asam ini mampu menetralkan asam urat dalam aliran darah.

2. Cuka sari apel
Selain apel, cuka sari apel juga bermanfaat untuk asam urat terutama bagi mereka yang asam uratnya sudah tinggi. Tambahkan 2 sendok teh cuka sari apel ke dalam 1 gelas air. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari untuk menurunkan kadar asam urat.

3. Air
Kerap disepelekan, air memegang peranan penting untuk kesehatan tubuh termasuk cegah asam urat. Pasalnya air membantu tubuh membuang racun termasuk kelebihan asam urat. Selalu usahakan minum cukup air putih setiap hari.

Baca Juga: Ini 7 Trik Mudah Untuk Penuhi Konsumsi Air Putih Harian

Agar Kadar Asam Urat Tetap Normal, Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: iStock

4. Buah berry
Dibalik rasanya yang asam menyegarkan, buah berry punya segudang manfaat kesehatan. Bagi penderita asam urat, perbanyaklah makan strawberry dan blueberry karena buah ini bersifat anti inflamasi. Bermanfaat untuk cegah kadar asam urat tinggi dalam darah.

5. Makanan tinggi vitamin C
Cara lain untuk cegah asam urat adalah memperkaya asupan vitamin C. Makanan-makanan tinggi vitamin C 'menghancurkan' asam urat dan mengeluarkannya dari tubuh. Mulai dari kiwi, jambu biji, jeruk, lemon, tomat, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

6. Jeruk nipis
Secara khusus jeruk nipis mampu cegah asam urat karena mengandung asam sitrat yang bersifat pelarut asam urat. Untuk memanfaatkannya, peras setengah jeruk nipis ke dalam segelas air. Minum rutin setiap hari untuk manfaat maksimal.

Agar Kadar Asam Urat Tetap Normal, Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: Istock

7. Makanan tinggi serat
Makanan dengan kandungan banyak serat bukan hanya baik untuk pencernaan. Serat bantu menurunkan kadar asam urat dalam darah karena sifatnya yang menyerap asam urat itu. Serat lalu menghilangkan kelebihan asam urat melalui ginjal. Perbanyaklah konsumsi apel, jeruk, brokoli, gandum, wortel, dan lainnya.

8. Pisang
Bagi yang doyan pisang juga bisa mendapat manfaat sehat cegah asam urat dari buah lembut manis ini. Pisang bersifat menurunkan kadar asam urat yang berlebih dalam tubuh.

Agar Kadar Asam Urat Tetap Normal, Konsumsi 10 Makanan Enak IniFoto: iStock

9. Teh hijau
Cara enak lain untuk cegah asam urat adalah rutin minum teh hijau setiap hari. Teh hijau mengontrol kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, sekaligus menurunkan risiko seseorang terkena gout.

10. Produk susu rendah lemak
Susu, keju, atau yogurt rendah lemak juga bisa membantu cegah asam urat. Sifat makanan rendah lemak ini adalah mencegah kadar asam urat tinggi dalam darah.

(adr/odi)