Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 13:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat stamina tubuh menurun, flu mudah menyerang tubuh. Agar tak makin parah, cobalah konsumsi beberapa makanan sehat ini.

Cara yang tepat agar flu tidak lama-lama berada dalam tubuh. Pastikan Anda memperbaiki daya tahan tubuh dengan konsumsi makanan yang tinggi protein dan juga vitamin. Berikut ini beberapa makanan enak yang cocok disantap saat terkena flu yang dilansir dalam Healthline.

Baca juga: Ini 5 Sajian Alami yang Dikonsumsi Warga Jepang Saat Terserang Flu

1. Kaldu

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: Istock

Kaldu banyak jenisnya, ada kaldu ayam, sapi dan juga sayuran. Anda bebas memilih kaldu mana yang disuka. Kaldu yang tinggi nutrisi ini dapat dinikmati saat sedang flu.

Kaldu juga dapat membantu mencegah dehidrasi. Kaldu yang hangat juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan meredakan hidung yang tersumbat.

2. Sup Ayam

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: Istock

Sup ayam yang dibuat denga campuran kaldu bisa jadi makanan pencegah flu. Sup ayam biasanya juga berisi beberapa bahan tambahan seperti potongan daging ayam yang mengandung zat besi dan protein. Ada juga wortel yang mengandung vitamin A dan juga serat serta seledri dan rempah-rempah.

Anda bisa makan sup ayam saat sedang flu untuk membantu supaya tetap terhidrasi.

3. Bawang Putih

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: Istock

Meskipun banyak yang berpikir bahwa bawang putih sebagai zat penyedap makanan, tapi sebenarnya bawang putih telah digunakan dalam pengobatan alternatif untuk berbagai penyakit selama berabad-abad.

Suplemen bawang putih untuk orang dewasa juga dapat dikonsumsi saat flu. Ini nantinya akan memberi peningkatan kekebalan dan mengurangi gejala flu.

Anda tidak harus mengonsumsi suplemen. Makan bawang putih mentah juga akan bermanfaat. Karena efeknya akan meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih bisa dinikmati dengan campuran sayur atau dipanggang dan disantap pagi hari.

4. Yogurt

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: Istock

Yogurt tidak hanya dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan lancarkan pencernaan. menurut sebuah studi di Jurnal International Immunopharmacology yogurt juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda karena mengandung protein.

Anda bisa makan yogurt saat tenggorokan sedang sakit, tapi perlu diperhatikan untuk memilih yogurt yang murni tanpa tambahan gula.

5. Buah yang Mengandung Vitamin C

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: iStock

Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, terutama saat sedang sakit. Walaupun suplemen dapat membantu, tubuh Anda tetap dapat menyerap nutrisi seperti vitamin C alami karena lebih efektif dari makanan yang Anda makan.

Makanlah buah yang mengandung vitamin C saat terkena flu. Strawberry, tomat dan jeruk jadi salah satu buah tinggi vitamin C yang jadi pilihan.

6. Sayuran Hijau

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: iStock

Bayam, kangkung dan sayuran hijau lainnya juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat Anda terserang flu. Mereka memiliki vitamin E dan vitamin C.

Sayuran hijau ini dapat digabungkan menjadi smoothie. Agar lebih enak, tambahkan saja perasan lemon segar untuk mengurangi rasa getir.

7. Brokoli

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: iStock

Brokoli merupakan pembangkit energi yang dapat memberi manfaat bagi tubuh Anda ketika terserang flu. Mengonsumsi satu porsi brokoli akan memberikan vitamin C dan E yang meningkatkan kekebalan, bersamaan dengan kalsium dan serat.

8. Oatmeal

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: iStock

Saat sedang sakit, semangkuk bubur gandum hangat bisa menjadi pilihan makanan yang bergizi. Oatmeal, dan biji-bijian utuh lainnya, juga merupakan sumber alami vitamin E. Oatmeal juga mengandung antioksidan polifenol serta serat yang memperkuat kekebalan.

9. Bumbu

Sedang Terserang Flu? Redakan dengan Konsumsi 9 Makanan Enak Ini Foto: Rachman Haryanto

Apabila flu akan sembuh, mungkin Anda akan mengalami peningkatan sinus dan saluran pernafasan yang agak tersumbat. Rempah-rempah seperti lada dan lobak dapat membantu memecah tersumbatnya saluran pernafasan, sehingga Anda akan bernafas lebih baik. Maka, hindari makanan pedas saat sedang sakit tenggorokan atau pun flu.

Baca juga: Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan makanan Alami Ini! (lus/lus)