Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Segera Konsumsi Makanan Ini

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 21 Feb 2019 16:08 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Zat besi juga penting bagi tubuh. Zat ini punya peranan yang cukup penting untuk berbagai fungsi tubuh.

Karenanya, tubuh yang kekurangan zat besi justru bisa alami masalah seperti sesak napas hingga sakit kepala. Dikutip dari Foodbeast (20/2), Anda bisa mengetahui bahwa tubuh mengalami kekurangan zat besi lewat hal-hal berikut.

1. Mudah lelah

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Segera Konsumsi Makanan IniFoto: ilustrasi/thinkstock

Tubuh menggunakan zat besi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ. Jika Anda kekurangan zat besi, tubuh akan mudah lelah.

Baca juga: Anak Mudah Lelah? Tambahkan Hati Ayam yang Tinggi Zat Besi dalam Menunya

2. Terlihat pucat

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Segera Konsumsi Makanan IniFoto: iStock

Jika wajah Anda terlihat lebih pucat dari biasanya, bisa jadi tubuh Anda kekurangan zat besi. Tanda fisik lain yang mudah dikenali ialah warna kemerahan di dalam bibir, gusi, dan kelopak mata bagian bawah. Warnanya akan lebih kusam jika tubuh kekurangan zat besi.

3. Bernapas pendek

Kadar zat besi yang rendah cenderung membuat tubuh cepat kehabisan napas tiap kali melakukan kegiatan fisik. Contohnya, Anda jadi mudah terengah-engah ketika menaiki anak tangga.

4. Debaran detak jantung

Jantung yang berdetak tidak teratur selama beberapa detik ataupun menit jadi pertanda tubuh kekurangan zat besi.

5. Mudah terserang penyakit

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Segera Konsumsi Makanan IniFoto: shutterstock

Tubuh yang mudah terserang pilek bisa jadi disebabkan lantaran kurangnya zat besi sehingga sistem kekebalan tubuh menurun. Turunnya sistem kekebalan tubuh membuat Anda rentan terkena infeksi dan virus flu/pilek.

6. Hasrat ingin makan makanan tak lazim

Tanda ini sebaiknya jangan dianggap remah. Pasalnya, kekurangan zat besi membuat Anda inginkan makanan tak lazim yang kerap disebut 'pica'. Contohnya makan kotoran, cat, es, dan lainnya. Sebaiknya segera periksakan darah Anda jika hal ini terjadi.

Kenali Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Segera Konsumsi Makanan IniFoto: iStock

Agar terhindar dari semua hal di atas, pastikan tubuh Anda memiliki zat besi yang cukup. Langkah mudahnya ialah dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Mulai dari daging merah, bayam, brokoli, biji wijen hingga kentang panggang.

Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kedelai juga mengandung cukup banyak zat besi. Dalam 100 gram kacang kedelai mengandung sebesar 10 mg zat besi. Lain lagi dalam 100 gram kacang hijau yang mengandung sebesar 7,5 zat besi.

Baca juga: Selain Daging, Makanan Ini Juga Punya Kandungan Zat Besi Tinggi (dwa/odi)