Apa Benar Cokelat Dapat Tingkatkan Gairah Seksual?

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 14:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hari valentine identik dengan cokelat. Camilan manis dengan semburat pahit ini juga disebut sebagai makanan afrodisiak yang dapat tingkatkan kualitas seksual.

Pernah mendengar cokelat sebagai lambang cinta? Tak hanya melambangkan kasih sayang. Cokelat juga disebut dapat meningkatkan libido dan kesehatan seksual.

Apa Benar Cokelat Dapat Tingkatkan Gairah Seksual?Foto: iStock

Jenis cokelat yang disebut ini bukan cokelat manis. Melainkan jenis dark chocolate yang rendah gula. Cokelat hitam atau dark chocolate memiliki zat yang dapat mempengaruhi suasana hati, energi dan fungsi seksual baik pria atau pun wanita. Selain itu, cokelat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Malas Bercinta? Coba Bangkitkan Gairah Seksual Melalui Makanan Enak Ini (1)

Cokelat mengandung L-arginin, asam amino yang dapat menjadi penambah alami yang efektif untuk wanita dan pria. Ini bekerja dengan meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Selain itu, cokelat juga mengandung senyawa phenylethylamine yang disebut sebagai "suplemen cinta".

Apa Benar Cokelat Dapat Tingkatkan Gairah Seksual?Foto: iStock

Senyawa tersebut dapat meningkatkan mood. Zat kimia ini juga dapat tingkatkan produksi neurotransmitter dopamin yang menimbulkan rasa senang. Sehingga ketika menikmati cokelat ini perasaan Anda akan lebih rileks.

Dikutip dalam The Sun (20/10), ada penelitian dari Imperial College London, Inggris menunjukkan bahwa kisspeptin dapat mengaktifkan area otak tertentu dengan seks dan emosi.

Apa Benar Cokelat Dapat Tingkatkan Gairah Seksual?Foto: iStock

Selain itu, dark chocolate juga mengandung theobromine yaitu senyawa yang bekerja pada sistem syaraf pusat. Ini dapat menyebabkan seseorang lebih sensitif terhadap stimulasi seksual sekecil apapun.

Ketika dikulum dan cokelat meleleh di dalam mulut, sensasi menyenangkan akan dirasakan lidah serta mulut dan menstimulasi otak. Perasaan tenang dan bahagia tersebut membuat seseorang jadi lebih menikmati momen kebersamaan dalam situasi apa pun.

Baca juga: Hati-hati! Jika Terlalu Sering Makan 12 Makanan Ini Gairah Seks Bisa Menurun (lus/odi)