Jaga Gula Darah Tetap Normal dengan Konsumsi Makanan Ini Setiap Pagi

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 25 Jan 2019 07:52 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Diabetes tipe 2 dapat sebabkan kadar gula darah seseorang meningkat. Namun hal ini bisa dicegah dengan konsumsi menu sarapan sehat. Apa saja ya?

Sarapan tak boleh dilewatkan agar kadar gula darah di dalam tubuh tetap stabil. Seseorang yang mengalami diabetes tipe 2 harus lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan. Kalau tidak, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti serangan jantung.

Jaga Gula Darah Tetap Normal dengan Nikmati Makanan Ini Setiap PagiFoto: iStock

Salah satu cara mengontrol gula darah adalah dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Mengonsumsi jumlah gula, lemak dan garam tetap minim sangat disarankan. Dan yang paling penting adalah jangan melewatkan sarapan sehat setiap hari.

Baca juga: Dengan Trik Ini Penderita Diabetes Bisa Menjaga Gula Darah Selama Berpuasa (1)

Apa pilihan makanan terbaik untuk sarapan? "Sarapan yang sehat dan enak dapat membuat perbedaan besar," jelas Diabetes UK.

Namun, hati-hati dalam memilih makanan. Kebanyakan makanan tradisional dikemas dengan tinggi gula dan lemak. Dikutip dalam Express (23/01), Diabetes UK yang merupakan badan amal untuk penderita diabetes menawarkan tiga pilihan sarapan sehat yang bisa dipertimbangkan.

Pertama, beralihlah dari roti putih ke gandum yang lebih tinggi serat. Ini lebih baik untuk penderita diabetes dan meningkatkan kesehatan sistem cerna. Mengonsumsi roti gandum ini juga dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Kedua sebaiknya jangan menggunakan selai, sebaiknya roti dinikmati dengan tambahan buah asli seperti pisang. Bisa juga diganti dengan pilihan sehat lainnya seperti keju rendah lemak, keju cottage dengan kurma segar atau pisang cincang.

Jaga Gula Darah Tetap Normal dengan Nikmati Makanan Ini Setiap PagiFoto: iStock


Dan ketiga, gunakan minyak sedikit saja saat memasak. Cobalah memasak dengan minyak nabati tak jenuh seperti bunga matahari, zaitun atau mentega.

Hindari sarapan dengan sereal manis atau makanan kemasan jika ingin menjaga kadar gula darah Anda.

Baca juga: Hati-hati! Konsumsi 6 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah (lus/odi)