Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata Peneliti

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 15:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Peneliti sebut konsumsi wortel dalam jumlah banyak sebabkan perubahan warna kulit. Warna kulit akan menjadi oranye kekuning-kuningan. Begini penjelasannya.

Wortel masuk dalam salah satu sayuran kaya manfaat yang murah. Wortel dikenal sebagai sumber asupan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata PenelitiFoto: Getty Images
Sebenarnya tak hanya baik untuk mata, sayur renyah ini juga sehatkan kulit. Bahkan dikutip dari Foodbeast (19/1), makan wortel bisa bikin kulit berwarna oranye kekuning-kuningan.

Baca juga: Selain Sehatkan Mata, Wortel Juga Bisa Bantu Langsingkan Tubuh

konsumsi banyak wortel berarti mengasup betakaroten dalam jumlah cukup banyak ke dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, Santa Barbara telah menguji hal tersebut.

Hasilnya, konsumsi banyak wortel bisa buat kulit berwarna oranye kekuning-kuningan. Menurut peneliti, itu dikarenakan fenomena bernama 'carotemia'.

Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata PenelitiFoto: Getty Images
Carotemia adalah perubahan warna kulit yang paling terlihat di bagian telapak tangan dan kaki. Perubahan warna kulit itu terjadi ketika Anda mengonsumsi bahan makanan yang kaya akan betakaroten berlebih. Makanan yang kaya akan betakaroten antara lain wortel, ubi jalar hingga labu kuning.

Kondisi ini paling sering terlihat dan terjadi pada bayi. Apalagi saat mereka mulai mengonsumsi makanan pengganti ASI. Carotenemia mungkin terdengar berbahaya, tapi sebenarnya tidaklah berbahaya.

Banyak Makan Wortel Bikin Warna Kulit Oranye Kekuningan, Ini Kata PenelitiFoto: Thinkstock
Namun, diperlukan konsumsi wortel dalam jumlah cukup banyak untuk mengubah warna kulit orang dewasa. Sebab melahap satu atau dua buah wortel utuh per hari saja tidak akan memberi efek apapun pada warna kulit.

Menurut para peneliti, orang dewasa harus makan setidaknya tiga buah wortel ukuran besar per hari untuk bisa meraih carotemia. Perlu dicatat bahwa asupan betakaroten berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Jadi, makan wortel sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, wortel membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Bahkan ahli nutrisi bernama Anna Mitsios menjelaskan, kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus wortel bisa menstimulasi produksi kolagen dalam kulit sekaligus menjaga elastisitas kulit. Kolagen sendiri merupakan zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat.

Baca juga: Ingin Kulit Mulus? Makan Wortel Saja! (dwa/odi)