Makanan Lokal Sehat

Daripada Digoreng, Pepes Ayam dan Ikan Lebih Rendah Kalori

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 17 Jan 2019 11:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat
Jakarta - Ayam hingga ikan bisa diolah menjadi pepes yang enak. Dengan paduan bumbu kuning dan tambahan cabai rawit tentu rasanya akan semakin enak dinikmati dengan nasi.

Pepes atau pais merupakan salah satu hidangan tradisional yang mudah dibuat. Dengan metode memasak pepes ini, Anda tak perlu khawatir dengan kandungan kalorinya. Karena dalam prosesnya potongan daging ayam, tahu atau ikan hanya dicampur dengan bumbu, daun kemangi dan dikukus sampai matang.

Baca juga: Pedas Gurih Pepes Udang dan Ikan yang Praktis dan Enak

Dengan mengukus juga dapat meminimalisir kandungan gizi yang hilang saat proses memasak. Dibungkus dengan daun pisang, pepes enak dibuat dengan paduan ayam, ikan kembung, ikan asin, udang hingga teri.

Daripada Digoreng, Pepes Ayam dan Ikan Lebih Rendah KaloriFoto: iStock

Supaya rasa pepesnya enak, pertama-tama Anda harus menumis bumbu pepes terlebih dulu. Bumbunya terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih dan kemiri yang semuanya dihaluskan. Agar tak langu tentu bumbu halus ini harus ditumis terlebih dulu sampai matang. Kemudian ditambahkan dengan serai, lengkuas dan irisan cabai.

Sebelum dikukus, Anda bisa menyiapkan daun pisang dan taruh bumbu sebesar ukuran bahan utama kemudian lumuri lagi dengan bumbu sampai meresap rata. Lipat daun pisang dan rekatkan dengan tusuk gigi. Kukus pepes sampai matang.

Daripada Digoreng, Pepes Ayam dan Ikan Lebih Rendah KaloriFoto: iStock

Kalau dibandingkan dengan lauk goreng, dalam 100 gram ikan goreng mengandung 113 Kkal. Sedangkan untuk 100 gram pepes ayam mengandung sekitar 75 Kkal.

Jadi kalau Anda sedang berencana menurunkan berat badan, olahan pepes bisa dipilih sebagai pengganti makanan yang digoreng.

Baca juga: 10 Pepes Ikan Maknyus Pilihan Netizen Ini Bikin Ngiler (lus/odi)
FOKUS BERITA Makanan Lokal Sehat