Kebanyakan Ngemil Terbukti Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Devi Setya - detikFood Rabu, 19 Des 2018 11:40 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Hampir semua orang suka ngemil di waktu senggang. Tapi ternyata terlalu banyak ngemil juga tak baik untuk kesehatan, termasuk mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Dikabarkan Independent (19/12) dilihat dari sejarahnya, mulai abad ke-18 orang-orang punya kebiasaan makan tiga kali sehari. Kebiasaan ini yang kemudian masih berlanjut hingga sekarang.
Kebanyakan Ngemil Terbukti Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh Foto: Istock

Baca juga : Kekurangan Protein Ternyata Bisa Picu Orang Banyak Ngemil

Tapi diluar jam makan utama, orang juga gemar ngemil makanan ringan. Kebiasaan ngemil yang terlalu sering ternyata menyumbang dampak tak baik untuk kesehatan tubuh.

Setelah makan, tubuh akan mengalami masa metabolisme yakni penyerapan makanan. Saat proses ini berlangsung, tubuh akan menyerap nutrisi namun sistem kekebalan tubuh justru akan bekerja lebih keras. Semakin banyak makanan yang masuk maka sistem imun akan semakin melemah.
Kebanyakan Ngemil Terbukti Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh Foto: Istock

Kalau sistem kekebalan tubuh seseorang kuat maka hal ini tak jadi masalah.Namun pada orang yang sensitif dan lemah maka terlalu banyak ngemil akan memicu peradangan. Radang dalam sistem metabolisme seseorang akan semakin diperparah jika camilan yang dimakan tidak sehat seperti banyak mengandung lemak, gula hingga kalori.

Peradangan yang terjadi memang dalam skala kecil namun akan jadi parah jika dibiarkan terus berlarut. Solusinya adalah mengurangi kebiasaan ngemil, terutama untuk makanan yang tak sehat.
Kebanyakan Ngemil Terbukti Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh Foto: Istock

Baca juga : Ngemil Enak Tanpa Takut Berat Badan Naik, Konsumsi 6 Camilan Ini!

Selain berpotensi melemahkan sistem kerja imun dalam tubuh, camilan juga menjadi penyebab utama timbulnya kenaikan berat badan dan penyakit seperti kolesterol hingga jantung. Menurunnya sistem kekebalan tubuh juga membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Jadi, dibandingkan mengonsumsi banyak camilan lebih baik makan dengan porsi yang cukup agar perut tidak cepat merasa lapar. Kalaupun ingin makan camilan, pilih makanan yang kaya nutrisi seperti kacang kacangan atau buah segar.


Saksikan juga video 'Tips Memilih Cemilan yang Benar untuk Kesehatan Gigi':

[Gambas:Video 20detik]

Kebanyakan Ngemil Terbukti Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh
(dvs/odi)