Kekurangan Protein Ternyata Bisa Picu Orang Banyak Ngemil

Devi Setya - detikFood Rabu, 05 Des 2018 16:10 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Kalau Anda sering merasa lapar dan ingin ngemil, mungkin saja karena tubuh kekurangan protein. Jadi pastikan kalau tubuh mendapat asupan protein yang cukup.

Fakta menunjukkan wanita rata-rata mengonsumsi 100.000 kalori ekstra per tahunnya hanya dari camilan. Ini bukan fakta menyenangkan karena camilan juga memiliki potensi untuk memicu kenaikan berat badan.
Kekurangan Protein Ternyata Bisa Picu Orang Banyak NgemilFoto: Istock

Baca juga : Keenakan Ngemil Bisa Kebablasan, Coba Atasi dengan 8 Cara Mudah Ini

Dilansir dari Body and Soul (5/12) meskipun orang sudah makan tiga kali sehari tapi kadang masih saja dan tergoda menyantap camilan. Ini bukanlah nafsu semata, karena keinginan untuk ngemil ternyata berkaitan erat dengan kurangnya protein dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Obesity Reviews menunjukkan bahwa asupan protein yang kurang akan membuat tubuh terpancing untuk makan camilan.
Kekurangan Protein Ternyata Bisa Picu Orang Banyak NgemilFoto: Istock

Dalam penelitian lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, kekurangan protein membuat orang ingin ngemil makanan gurih. Hal ini semakin diperpaarah jika menu makan yang dipilih tinggi karbohidrat dan gula.

Jadi erat kaitannya jika kekurangan protein bisa memicu kenaikan berat badan. Pasalnya orang yang kekurangan protein akan terus mencari dan menyantap makanan gurih lebih banyak.
Kekurangan Protein Ternyata Bisa Picu Orang Banyak NgemilFoto: Istock
Baca juga : Ngemil Enak Tanpa Takut Berat Badan Naik, Konsumsi 6 Camilan Ini!

Sebagai solusi, jika tak ingin tergoda camilan usai makan maka konsumsi makanan yang kaya protein. Atau cara paling enak adalah tetap menyantap camilan namun dipilih yang sehat dan kaya nutrisi.

Beberapa alternatif camilan yang bisa dipilih antara lain buncis panggang, segenggam kacang, yogurt, buah-buahan, telur rebus, tomat atau keju rendah lemak.


Kekurangan Protein Ternyata Bisa Picu Orang Banyak Ngemil
(dvs/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya