Udara Panas Orang di Hong Kong Pilih Minum Air Hangat, Ini Sebabnya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Des 2018 18:08 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Cuaca panas paling asyik minum air dingin yang menyegarkan. Namun, masyarakat di Hong Kong justru minum air hangat saat musim panas tiba.

Di Hong Kong ada perkumpulan lansia dari China yang gemar meminum air hangat.. Tidak hanya untuk mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi juga untuk menghilangkan stres sehingga memberikan ketenangan bagi mereka, lapor South China Morning Post (31/10).

Baca juga : Ini Lho Khasiat Minum Segelas Air Putih Hangat di Pagi Hari

Hal tersebut juga dibenarkan oleh studi yang menunjukkan bahwa air hangat dapat membantu sirkulasi darah dan melindungi organ-organ internal, sehingga pencernaan dalam tubuh menjadi lancar, menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres. Bahkan air hangat bisa dijadikan sebagai obat untuk demam dan membersihkan hidung tersumbat.
Udara Panas Orang di Hong Kong  Pilih Minum Air Hangat, Ini SebabnyaFoto: thinkstock
Air hangat juga disarankan untuk diminum setelah konsumsi makanan, terutama makanan yang panas. "Jika Anda makan, misalnya hamburger berminyak dan kemudian minum sesuatu yang dingin, lemak akan memadat dan membeku di dalam tubuh. Namun, air panas membantu melarutkan lemak," ungkap pemerhati kesehatan.

Asam lambung akan membantu memecahkan indulgensi burger yang dimakan. Banyak orang yang cenderung memilih air dingin untuk 'mengiringi makanan yang dimakan. Hal tersebut hanya bisa memberikan kesenangan sesaat dengan menyegarkan dahaga. Namun, bisa berimbas pada kenaikan berat badan.
Udara Panas Orang di Hong Kong  Pilih Minum Air Hangat, Ini SebabnyaFoto: thinkstock
Pilihan tersebut mungkin terjadi karena banyaknya iklan-iklan yang mendiskripsikan bahwa air dingin memang jawaban dari segala keinginan. Dari situ banyak orang berpikir bahwa air dingin baik untuk diminum, padahal belum tentu. Berbeda dengan air hangat sudah terbukti akan manfaat dan khasiatnya.

Mungkin ini jadi alasan masyarakat Hong Kong khususnya para lansia lebih memilih meminum air hangat di saat musim panas dan saat makan. (sob/odi)