Ini Lho Khasiat Minum Segelas Air Putih Hangat di Pagi Hari

Nailatul Fadhillah - detikFood Senin, 27 Nov 2017 18:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Air berperan penting untuk kesehatan tubuh. Untuk meminumnya paling pas di pagi hari dalam keadaan hangat. Ini manfaat lengkapnya.

Air berperan penting bagi tubuh, mulai dari membantu jalannya pencernaan, merawat kulit hingga bantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Dalam hal ini, suhu air saat dikonsumsi menjadi faktor yang sangat penting. Aspek lain yang juga perlu diperhatikan adalah kapan, seberapa dan mengapa konsumsi yang tepat untuk air hangat.

Dilaporkan NDTV (23/11), menurut ilmu pengetahuan, suhu air yang paling baik untuk dikonsumsi adalah saat hangat.

Ayurveda, ilmu kesehatan dari India yang menyarankan untuk konsumsi secangkir air hangat pada saat makan. Ada pula ritual 'Water cure' dari Jepang, menyarankan untuk minum 4 gelas air setiap pagi tepat setelah bangun, bahkan sebelum menggosok gigi dan air yang diminum adalah air hangat dan tidak boleh terlalu dingin.

Ini Lho Khasiat Minum Segelas Air Putih Hangat di Pagi HariFoto: iStock

Untuk jumlah yang harus dikonsumsi tergantung pada berbagai faktor seperti usia, tingkat aktivitas, cuaca, diet, dan lainnya.

Apabila dikonsumsi bersamaan dengan makanan, maka kurang lebih satu cangkir air menjadi takaran tepat. Jika makanan termasuk hidangan seperti sup atau yoghurt, maka jumlah ini bisa dikurangi.

Jumlah ideal untuk mengonsumsi air hangat perlu diperhatikan karena terlalu banyak air akan membuat Anda kenyang sebelum makanan habis, sehingga hal tersebut akan merebut kesempatan tubuh untuk dapat mengkonsumsi nutrisi.

Selain itu, hal ini karena sifat-sifat air yang berubah setelah mendidih. Semua jenis air tidak diserap pada tingkat yang sama oleh tubuh. Air biasa membutuhkan waktu sekitar 6 jam untuk diserap, sedangkan air yang telah direbus, hanya membutuhkan separuh dari waktu itu.

Adapun manfaat konsumsi air hangat bagi tubuh telah dirangkum dalam beberapa poin berikut ini:

Ini Lho Khasiat Minum Segelas Air Putih Hangat di Pagi HariFoto: Getty Images

1. Mencegah sembelit
Dr. Rupali Datta mengemukakan bahwa konsumsi air hangat sangat bagus untuk pembersihan sistem pencernaan internal. Ini mengatur pergerakan usus dan mencegah sembelit.

2. Baik untuk kulit
Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh dan membantu melepaskan racun. Detoksifikasi akan mencerahkan kulit dan cegah pori-pori tersumbat.

3. Merangsang rasa lapar
Seorang ahli gizi, Anju Sood menjelaskan, apabila mengkonsumsi air hangat, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menurunkan suhunya. Dengan demikian, sistem metabolisme akan mulai bekerja. Sehingga akan memicu pikiran untuk menuntut makanan dan merangsang rasa lapar.

Ini Lho Khasiat Minum Segelas Air Putih Hangat di Pagi HariFoto: iStock

4. Membantu pencernaan
Minum air hangat di pagi hari membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal, yang merupakan organ utama bagi semua metabolisme. Air hangat memainkan peran penting dalam menghancurkan zat makanan dan dengan demikian membantu pencernaan.

5. Membantu membersihkan kongesti
Tidak dapat disangkal bahwa air hangat membantu membersihkan kongesti atau pembendungan darah dan dapat meredakan tenggorokan yang sakit. Air juga membantu mencegah akumulasi dahak.

Ini Lho Khasiat Minum Segelas Air Putih Hangat di Pagi HariFoto: Dok. Thinkstock

6. Pereda nyeri akibat kram menstruasi
Selain botol air hangat yang diletakkan di perut, studi juga menunjukkan bahwa minum air hangat meningkatkan sirkulasi darah, yang bekerja sebagai mekanisme pereda rasa sakit.

7. Mencegah penuaan dini
Konsumsi air hangat menghilangkan racun dari dalam tubuh melalui keringat, buang air besar dan pori-pori yang tidak tersumbat. Kehadiran racun dalam tubuh menyebabkan penuaan dini.

(adr/adr)