Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral Ini

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 23 Okt 2018 14:16 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jangan asal diet! Salah-salah, tubuh malah kekurangan asupan vitamin dan mineral yang justru bisa turunkan berat badan lebih cepat.

Tubuh ramping jadi idaman banyak orang, terlebih wanita. Untuk itu, banyak orang rela menjalankan pola diet ketat. Sayangnya, banyak orang yang tak memperhatikan asupan mineral dan beberapa vitamin saat diet. Padahal ada beberapa vitamin dan mineral yang justru ampuh turunkan berat badan. Berikut enam diantaranya seperti dilaporkan Bold Sky (6/10).

1. Vitamin yang larut dalam lemak

Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral IniFoto: Istimewa
Anda memerlukan lemak untuk menghempas lemak dalam tubuh. Semakin banyak lemak dalam tubuh, maka tubuh akan semakin gemuk. Hal tersebut justru bisa jadi tempat vitamin dan asam lemak larut lemak. Vitamin A, D, E, K dan asam lemak seperti asam lemak omega 3 bisa larut dalam lemak. Mereka bersatu untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan pembuluh darah. Sebab asam lemak tak jenuh tunggal ampuh turunkan kolesterol jahat dan tingkatkan kolesterol baik. Sebaiknya masukkan bahan seperti minyak zaitun, kacang, salmon, mackerel, dan alpukat dalam diet Anda.

Baca juga: Cara Jitu Ramping Tanpa Diet Ketat

2. Vitamin C

Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral IniFoto: Istimewa
Vitamin C tak hanya baik bagi kulit. Tapi juga bisa bantu tubuh untuk menyerap zat besi. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan sekaligus memaksimalkan fungsi sel. Pasti banyak yang bertanya bagaimana cara vitamin C menghempas lemak dalam tubuh? Ternyata vitamin ini bisa tingkatkan metabolisme lemak dalam tubuh. Sehingga jika tubuh kekurangan asupan vitamin C, maka proses penurunan berat badan akan lebih sulit. Karena itu, makanlah makanan yang mengandung banyak vitamin C dalam menu harian Anda. Sehingga berat badan akan turun lebih cepat. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, paprika, raspberry, stroberi dan cranberry bisa jadi pilihan tepat.

3. Vitamin B6

Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral IniFoto: Istimewa
Vitamin ini sangat ampuh mengubah makanan menjadi energi. Sehingga tubuh akan lebih berenergi jika melahap makanan tinggi vitamin B6. Selain itu, vitamin B6 juga bantu produksi serotonin. Serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang mengatur suasana hati. Jika kadar serotonin rendah, orang akan merasa tertekan dan cenderung ingin melahap makanan tak sehat. Jadi, pastikan asupan vitamin B6 tercukupi selama diet. Agar menstabilkan kadar serotonin dalam tubuh. Vitamin B6 bisa didapat dari lentil, oat dan kacang.

4. Kalsium

Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral IniFoto: Istimewa
Penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi banyak kalsium perhari sangat dianjurkan untuk turunkan berat badan. Para peneliti percaya bahwa kalsium bantu memkasimalkan fungsi sel. Sehingga ampuh tingkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu, kalsium juga bisa melancarkan sistem pencernaan. Tubuh akan lebih cepat mencerna makanan dan menyerap nutrisi sekaligus otot-otot dapat bekerja lebih keras saat berolahraga. Kalsium bisa didapat dari tahu, kale dan keju.

5. Magnesium

Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral IniFoto: Istimewa
Jika menjalani diet ketat, Anda bisa saja melupakan asupan magnesium harian. Padahal magnesium justru bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Zat ini bisa mencegah kembung, melancarkan sistem pencernaan sekaligus membangun masa otot. Nantinya otot-ototlah yang membantu untuk membakar lemak dalam tubuh saat Anda berolahraga. Semakin banyak magnesium dalam tubuh, maka efeknya semakin baik. Jadi, sebaiknya sertakan makanan kaya magnesium dalam diet Anda seperti sayuran hijau gelap, biji-bijian, kacang, kacang, ikan, tahu dan yogurt.

6. Zync

Agar Diet Tak Gagal, Jangan Lupa Mengasup 6 Vitamin dan Mineral IniFoto: Istimewa
Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan kaya zinc mengandung protein tinggi. Dengan kata lain, makanan tersebut bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin turunkan berat badan. Studi lain juga melaporkan adanya kenaikkan masa indeks tubuh pada orang gemuk yang mengkonsumsi zinc. Hal ini menunjukkan peningkatan kadar trigliserida dan penurunan berat badan. Untuk itu, sertakan makanan kaya zync seperti seafood dan kacang kacangan dalam diet Anda.

Baca juga: Diet Ketat Tapi Berat Badan Tak Turun-turun? Mungkin Anda Lakukan 8 Kesalahan Ini




Tonton juga 'Cara Ampuh Berhenti Ngemil dan Ngurangin Lemak Tubuh':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)