Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat Ini

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 11 Okt 2018 09:48 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tekanan darah tinggi bisa berbahaya untuk kesehatan. Daripada selalu tergantung pada obat, cobalah rutin konsumsi makanan menyehatkan yang bisa bantu turunkan tekanan darah.

Tekanan darah atau biasa dikenal dengan hipertensi terjadi karena adanya tekanan yang eksta pada pembulu darah. Jika tidak ditangani segera, tekanan darah bisa menyebabkan penyakit komplikasi serius seperti serangan jantung dan stroke. Dilansir Express.co.uk (06/10) dengan mengonsumi 6 makanan sehat dan bernutrisi ini dipercaya bisa mencegah terjadiny penyakit komplikasi tersebut.

Baca juga : Menderita Hipertensi? Makanlah Makanan Enak Ini!

1. Sayuran Hijau

Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa
Menurunkan tekanan darah bisa dilakukan dengan mengurangi natrium dalam tubuh. Konsumsilah berbagai jenis sayuran hijau seperti kale, romaine, sawi, lettuce dan bayam. Sayuran hijau tersebut memiliki kandungan potasium. Dengan banyaknya potasium yang diasup bisa mengurangi natrium melalui urin. Agar tubuh m lebih sehat, sebaiknya mengkonsumsi sayuran hijau setiap hari.

2. Pisang

Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa
Buah dengan kulit kuning ini tidak hanya dikenal sebagai buah yang mengenyangkan. Pisang juga terbukti memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium tersebut diyakini bisa menjaga tekanan darah tetap normal Anda bisa mencampurkan pisang ke dalam hidangan Anda setiap hari. semakin tinggi asupan kalium yang didapat, maka semakin kecil risiko penyakit komplikasi serangan jantung dan stroke.

3. Bit

Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa
Kandungan oksida nitrat dapat membantu membuka pembuluh darah. Kandungan oksida nitrat tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah bit. Buah bit bisa diolah menjadi jus untuk sarapan di pagi hari. Dengan meminum segelas jus bit akan membantu darah mengalir lebih lancar melalui pembulu darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

4. Yogurt rendah lemak

Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa
Susu fermentasi ini dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya untuk tekanan darah tinggi. Namun, Anda harus hati-hati, karena tidak semua yogurt bisa dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi. Yogurt yang baik ialah yogurt yang kandungan lemaknya rendah. Yogurt rendah lemak adalah sumber kalsium yang baik. Pilih yogurt tawar tanpa tambahan perasa dan gula.

5. Bubur oatmeal

Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat IniFoto: Istimewa
Selain mengenyangkan, mengonsumsi bubur gandum juga bisa mencegah terjadinya penyakit komplikasi dari tekanan darah yang tinggi. Bubu gandum merupakan kaya serat dan terbukti memiliki kandungan lemak dan sodium yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi untuk penderita darah tinggi. Gandum juga bagus untuk menurunkan kolesterol sehingga bisa mencegah terjadinya masalah pada jantung.

6. Ikan

Tekanan Darah Tinggi? Rutinlah Konsumsi 6 Makanan Sehat IniFoto: iStock
Tekanan darah tinggi juga dapat dicegah atau dikurangi dengan konsumsi ikan. Jenis ikan yang bisa dipilih untuk dikonsumsi seperti salmon, mackerel dan ikan lainnya yang memiliki kandunghan asam lemak omega-3 yang tinggi. Disarankan untuk konsumsi ikan setiap hari supaya tekanan darah normal dan mengurangi peradangan.

Baca juga : Tekanan Darah Tinggi? Coba Atasi dengan Konsumsi 8 Makanan Bernutrisi Ini! (1)





Tonton juga '5 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Sakit Kepala':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)