Selain Bikin Makanan Jadi Enak, Bawang dan Jahe Juga Punya Khasiat

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Okt 2018 17:40 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Selain bermanfaat untuk bumbu masakan, bawang merah, bawang putih dan jahe juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh. Ini penjelasan ilmiahnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Noakhali Science and Technology University, Atish Dipankar University of Science and Technology, dan Bangladesh National Herbarium telah membuktikan bahwa rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih dan jahe memiliki potensi dalam mencegah penyakit . Terutama yang disebabkan oleh radikal bebas, lapor FoodNews (03/10).

Tubuh yang terkena radikal bebas biasanya karena faktor gaya hidup yang salah, seperti merokok, minum alkohol, banyak makan gorengan atau paparan zat beracun. Kebiasaan hidup seperti itu mengakibatkan ketidakmampuan tubuh menghasilkan antioksidan yang cukup untuk menyingkirkan radikal bebas, yang akhirnya bisa menyebabkan stres oksidatif.
Selain Bikin Makanan Jadi Enak, Bawang dan Jahe Juga Punya KhasiatFoto: Istock
Baca juga : Selain Enak untuk Masakan, Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Stres oksidatif dikaitkan dengan penyakit seperti degenerasi makula, penyakit kardiovaskular, kanker, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, arthritis, dan lupus. Untungnya, stres oksidatif dapat dihindari dengan makan makanan kaya antioksidan dan herbal yang dapat mengimbangi radikal bebas dalam tubuh.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Free Radicals and Antioxidants, para peneliti mengevaluasi aktivitas antioksidan ektrak etanol pada bawang merah, bawang putih dan jahe. Hal tersebut dilakukan dengan menentukan jumlah kandungan fenolik dan flavonoid total.
Selain Bikin Makanan Jadi Enak, Bawang dan Jahe Juga Punya KhasiatFoto: Istock
Hasil percobaan menunjukkan bahwa jumlah zat fenolik pada jahe memiliki aktivitas pembasmi radikal bebas tertinggi. Kemudian diikuti oleh bawang merah di posisi kedua, dan bawang putih di posisi ketiga. Pada kandungan flavonoid, bawang merah memiliki paling banyak, sedangkan jahe yang paling sedikit.

Namun, ketiganya memiliki jumlah ektrak etanol yang memiliki aktivitas antioksidan yang sama kuat. Dari penelitian tersebut telah menunjukkan manfaat kesehatan yang diberikan oleh ketiga rempah. Seperti mengurangi peradangan, menstabilkan kadar kolestrerol, mengatur gula darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Bawang Putih Kendalikan Kolesterol Darah (dvs/odi)