Selain Enak untuk Masakan, Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Esther Suhana Abdurahim - detikFood Rabu, 18 Okt 2017 10:44 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bawang putih selalu jadi bumbu wajib saat memasak. Tak hanya enak dicampurkan dalam makanan, bawang putih ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan. Apa saja?

Tidak hanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, bawang putih juga bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi hingga mencegah timbulnya flu hingga demam. Dikutip dalam Talk Chick (12/10) berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari konsumsi bawang putih.

Baca juga: Selain Untuk Masak, Bawang Putih Ampuh Atasi Batuk Hingga Jerawat! (1)

1. Sumber terbaik dari senyawa sulfur

Bawang putih memiliki senyawa ganda yang disebut allicin. Allicin sangat besar peranannya dan membawa manfaat kesehatan yang sangat baik dan tidak ada tandingannya.

Ketika Anda memotong bawang putih siung atau dikunyah, Anda akan mendapatkan bau yang berbeda. Zat inilah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih. Saat Anda mengkonsumsinya, zat Allicin akan memasuki tubuh melalui saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh, memberikan efek biologis yang menyehatkan.

Selain Enak untuk Masakan, Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi KesehatanFoto: iStock

2. Manfaat untuk jantung

Manfaat ini sudah diketahui oleh banyak orang. Bawang putih secara umum memiliki banyak manfaat dan pengobatan berbagai penyakit kardiovaskular dan metabolik, termasuk aterosklerosis, hiperlipidemia, trombosis, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Untuk pasien dengan sindrom metabolik, bawang putih secara efektif dapat mengurangi plak di arteri koronen (pembuluh darah yang memasok darah ke jantung).

3. Melindungi kulit

Biasanya beberapa anak yang alami masa pubertas akan timbul jerawat pada ruam pipi. Hal itu tidak hanya bisa diatasi dengan perawatan dari luar, namun harus dari dalam juga.

Jika Anda melakukan perawatan dari dalam maka sama saja halnya Anda langsung ke titik permasalahannya. Bawang putih bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Caranya dengan mengambil dua siung bawang putih mentah dengan air panas di pagi hari dan minum air yang banyak sepanjang hari. Ini bisa dilakukan untuk menghilangkan zat beracun dari tubuh Anda.

Selain Enak untuk Masakan, Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi KesehatanFoto: iStock

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dikabarkan dari WebDM, bawang putih sudah teruji bahwa keefektifannya dapat menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih.

Penelitian mengungkapkan bahwa mengambil empat kapsul bawang putih atau setara dengan 960 mg setiap hari selama tiga bulan maka akan mengurangi tekanan darah 10 poin.

5. Bawang putih dapat melawan demam, flu dan infeksi

Percobaan pada bawang putih telah menunjukkan bahwa bawang putih atau senyawa Allicin ini sangat efektif dalam membunuh mikroorganisme yang bertanggung jawab pada beberapa infeksi yang paling umum dan langka. Termasuk flu. Bawang putih benar-benar dapat membantu mencegah pilek dan infeksi lainnya.

Selain Enak untuk Masakan, Ini 7 Manfaat Bawang Putih Bagi KesehatanFoto: Getty Images

6. Anti bakteri dan anti parasit

Bawang putih merupakan salah satu harta karun dari obat terbaik di era masa lalu. Pada masa lalu bawang putih digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur dan parasit.

Bawang putih membantu dalam merawat anak-anak yang terinfeksi cacing pita. Obat kumur yang mengandung bawang putih memang memberikan aroma yang tidak sedap, tetapi dapat membunuh bakteri berbahaya daripada obat kumur lain.

7. Mencegah risiko diabetes

Bawang putih juga bisa menunjukkan kemampuannya untuk membantu penderita diabetes. Mengkonsumsi bawang putih membantu mengatur kadar glukosa darah, mencegah atau mengurangi efek dari beberapa komplikasi diabetes, serta melawan infeksi.

Selain itu, mengkonsumsi bawang putih dapat memangkas lemak jahat (LDL) dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca juga: Bawang Putih Kendalikan Kolesterol Darah (lus/odi)
Load Komentar ...