JanganTakut Gemuk, Sarapan Nasi Putih Justru Punya Manfaat Sehat

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 27 Sep 2018 05:50 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jangan takut makan nasi putih saat sarapan. Karena menurut ahli, nasi putih punya banyak manfaat. Bisa sehatkan pencernan dan tak mengandung gluten.

Banyak orang yang menghindari nasi putih karena dianggap sebagai penyebab kegemukan. Tapi menurut ahli nutrisi tersertifikasi, Craig Fear nasi putih justru punya beragam manfaat.

Berikut lima manfaat yang didapat dari konsumsi nasi putih yang menurut Nutritional Therapy Practitioner .

1. Menstabilkan gula darah

Nasi Putih Justru Bisa Stabilkan Gula Darah dan Sehatkan PencernaanFoto: ilustrasi/thinkstock
Walau nasi putih mengandung banyak pati dan masuk kategori bahan yang memiliki indeks glikemik tinggi, nasi putih justru dapat menstabilkan gula darah.
Padahal indeks glikemik tinggi bisa tingkatkan gula dalam darah.

Seperti halnya soda, jus buah, sereal, permen, dan roti tawar. Semua makanan itu bisa tingkatkan gula dalam darah dengan cepat lantaran memiliki indeks glikemik tinggi. Gula darah yang tinggi bisa menaikkan berat badan dan sebabkan penyakit diabetes tipe II.

Tapi, jika Anda melahap nasi dengan bahan lain seperti sayuran dan daging, justru bisa memperlambat proses pencernaan tubuh. Dengan kata lain paduan tersebut mencegah lonjakan gula dalam darah.

2. Mudah dicerna

Nasi Putih Justru Bisa Stabilkan Gula Darah dan Sehatkan PencernaanFoto: Istimewa
Biji-bijian biasanya sulit dicerna, namun tidak demikian dengan nasi putih. Tubuh justru mudah mencernanya. Tak heran kalau konsumsi nasi putih sangat baik bagi penderita masalah pencernaan yang kronis, dibanding dengan nasi merah. Meski begitu, nasi putih tak cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II. Sebaliknya, penderita diabetes tipe II justru cocok mengonsumsi beras merah.

3. Tak mengandung gluten

Nasi Putih Justru Bisa Stabilkan Gula Darah dan Sehatkan PencernaanFoto: iStock
Tak banyak yang tahu mengapa gluten menimbulkan banyak masalah pada tubuh. Hanya saja ada tiga senyawa yang terkandung di dalam gluten, yaitu whet, barley, dan rye.

Melihat hal itu, bisa jadi masalah yang ditimbulkan berasal dari fakta kalau gluten merupakan protein yang rumit. Karenanya tubuh sulit mencerna gluten.

Nasi putih sendiri masuk kategori bahan makanan hypoallergenic. Sehingga bisa diterima oleh tubuh banyak orang, termasuk pelaku diet bebas gluten.

4. Terbebas dari masalah pencernaan

Nasi Putih Justru Bisa Stabilkan Gula Darah dan Sehatkan PencernaanFoto: Instagram
Banyak metode pengobatan Timur yang melihat kualitas dan karakteristik khusus pada nasi putih. Baik ahli Ayurveda, pengobatan kuno India dan pengobatan tradisional China, menganggap nasi putih sebagai 'Yin'. Yin yang dimaksud ialah makanan pendingin yang bantu bersihkan panas berlebih di tubuh. Sehingga menenangkan sistem pencernaan. Tak heran kalau bubur, olahan nasi putih yang dipadu dengan kaldu dan bahan lainnya dijadikan menu 'penyelamat' saat terjadi masalah pencernaan di Asia.

5. Bahan paling pas untuk dipadu kaldu

Nasi Putih Justru Bisa Stabilkan Gula Darah dan Sehatkan PencernaanFoto: iStock/dok.detikFood
Bisa jadi ini alasan mengapa banyak sup yang disajikan dengan nasi putih di Asia. Beberapa bahkan mencampurkan sup langsung dengan nasi di mangkuk. Ternyata nasi putih bisa menyerap kaldu. Manis alami yang ada pada nasi putih membuatnya pas dipadu dengan sup yang gurih, pedas maupun asam. Sehingga puaskan selera makan.

Baca juga: Penelitian Membuktikan Makan Nasi Lebih Sehat dan Bernutrisi



Tonton juga 'Ternyata Begini Cara Masak Nasi yang Benar':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)