Tiap Hari Makan Menu Sarapan yang Sama Ternyata Juga Ada Khasiat Sehatnya

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 13 Sep 2018 06:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Makan makanan yang sama setiap pagi saat sarapan memang terdengar membosankan. Tapi ternyata justru berguna untuk menambah daya fokus pikiran. Kok bisa?

Banyak orang yang suka menyantap berbagai makanan berbeda di pagi hari. Ada juga orang-orang yang lebih suka mengonsumsi menu sarapan yang sama setiap harinya. Meski terdengar membosankan, ternyata ada alasan kuat mengapa Anda harus melakukan hal ini.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Sebaiknya Tak Disantap Saat Sarapan

Dilansir dari Entrepeneur (11/09), menurut sebuah penelitian, mengonsumsi makanan yang sama untuk sarapan benar-benar berpengaruh untuk manusia mengambil keputusan yang lebih baik. Penelitian ini fokus kepada pola kemauan dan kontrol diri, yang berkaitan dengan konsep 'Decision Fatigue'. Di mana orang mulai lelah mengambil keputusan.
Tiap Hari Makan Menu Sarapan yang Sama Ternyata Juga Ada Khasiat SehatnyaFoto: iStock
Tanpa disadari setiap orang selalu mengambil keputusan sepanjang hari, sehingga kualitas keputusan yang kita ambil mulai menurun dan terbatas.

Dalam sebuah studi tentang Decision Fatigue, peneliti Jonathan Levav dan Shai Danziger meniliti 1.100 keputusan yang dibuat oleh hakim-hakim di Israel. Meliputi keputusan tentang masa hukuman penjara, hingga pembebasan bersyarat untuk para narapidana.

Hasilnya narapidana yang disidang pada jam 9 pagi memiliki kesempatan 70% bebas bersyarat, dibandingkan narapidana yang disidang pada siang hari yang menurun hingga 10%. Perbedaan ini disebut sebagai efek dari kelelahan membuat keputusan.
Tiap Hari Makan Menu Sarapan yang Sama Ternyata Juga Ada Khasiat SehatnyaFoto: iStock
Studi ini juga menunjukkan, bahwa semakin banyak orang mengambil keputusan. Semakin mereka mengarah pada keputusan yang paling mudah, sehingga menurunkan kualitas dari keputusan yang akan diambil.

Salah satu strategi yang efektif untuk menghindari Decision Fatigue, dengan menghilangkan keputusan kecil. Seperti pemilihan menu makanan sarapan, hingga keputusan untuk memilih pakaian.

Mantan Presiden Barack Obama juga melakukan hal yang sama. "Saya mencoba membatasi mengambil keputusan di hal-hal kecil. Seperti keputusan tentang makanan apa yang akan saya makan, atau pakaian apa yang akan saya kenakan. Karena saya memiliki terlalu banyak keputusan yang harus saya ambil," ungkapnya.

Obama sendiri setiap paginya selalu menyantap menu sarapan yang sama, dengan pilihan pakaian yang sama. Selain Obama, mendiang Steve Jobs dan Mark Zuckerberg juga menerapkan pola yang sama.
Tiap Hari Makan Menu Sarapan yang Sama Ternyata Juga Ada Khasiat SehatnyaFoto: iStock
Namun, jika Anda merasa bosan mengonsumsi menu sarapan yang sama setiap harinya. Anda bisa memikirkannya di malam hari, menu makanan apa yang Anda inginkan untuk sarapan. Sehingga di pagi hari, Anda tidak akan bingung mengambil keputusan dalam memilih menu sarapan.

Selain itu akan lebih baik jika Anda memiliki jadwal yang telah tertulis, dan memindahkan semua urusan penting ke pagi hari. Karena Decision Fatigue, cendrung dimulai setelah waktu makan siang. Di mana orang-orang mulai lelah mengambil keputusan.

Baca Juga: Jangan Lupa Sarapan! Ini 5 Alasan Pentingnya


(sob/odi)