Ini 6 Minuman Alami yang Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Sep 2018 17:55 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tekanan darah tinggi tak harus diatasi dengan obat. Berbagai minuman herbal bisa jadi solusi untuk membantu mengendalikan tekanan darah secara alami.

Menurut laporan Cardiological Sciety of India (CSI) pada tahun 2017, satu dari setiap tiga orang di India menderita hipertensi dan penyakit jantung. Dilansir dari Food NDTV (03/09) mengurangi minuman berkafein dan beralkohol bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Tetapi ahli nutrisi Shilpa Arora justru merekomendasikan racikan meinuman herbal untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Baca juga : Turunkan Tekanan Darah dengan 8 Kebiasaan Ini Saat Makan (2)



1. Cuka Sari Apel
Ini 6 Minuman Alami yang Bisa Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: thinkstock
Cuka sari apel kaya akan sarat dengan kalium. Minuman ini bisa mendorong keluar natrium yang berlebihan dan racun dari tubuh. Kandungan enzim rennin yang terdapat pada minuman ini bisa menurunkan tekanan darah.

Khasiat pada cuka sari apel dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah, maka tak heran minuman ini menempati urutan teratas untuk dicoba. Anda bisa kombinasikan dengan mencampurkan madu dalam segelas air dan meminumnya setiap pagi.

2. Air jeruk lemon

Air jeruk lemon diketahui dapat membuat pembuluh darah menjadi lembut dan fleksibel. Ketika meminum air lemon, tekanan darah akan cenderung menurun. Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon berperan sebagai antioksidan, menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Disarankan untuk meminum air lemon ini setiap pagi.

3. Air klabet

Methi atau fenugreek atau klabet merupakan tumbuhan dari kelompok fabaceae. Tumbuhan herbal berupa biji kecil ini dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Methi kaya akan serat yang bisa membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Anda bisa meminum air methi ini setiap pagi saat perut kosong.

4. Air Biji Chia
Ini 6 Minuman Alami yang Bisa Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: iStock
Biji chia merupakan jenis biji-bijian yang didapatkan dari tanaman Salvia hispanica. Biji chia diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti bekerja sebagai pengencer darah dan dapat mengurangi tekanan darah.

Cara membuatnya mudah, cukup rendam biji chia dalam air selama setengah jam, kemudian minum air bekas rendaman tersebut. Minum secara teratur setiap hari selama sebulan untuk mendapatkan hasil yang efektif.

5. Susu rendah lemak atau tampa lemak
Ini 6 Minuman Alami yang Bisa Bantu Turunkan Tekanan DarahFoto: iStock
Nutrisi yang terdapat pada susu rendah lemak atau susu tidak berlemak juga berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah. Anda harus menghindari produk susu full cream, karena susu full cream mengandung banyak asam palmitate yang dapat memblokir sinyal yang mengendurkan pembuluh darah, sehingga bisa menjaga tekanan darah.


6. Air Amla dan Daun Mint

Resep ini diperkenalkan oleh ahli nutrisi bernama Shilpa untuk membantu menurunkan tekanan darah. Anda hanya membutuhkan semangkuk daun mint, semangkuk daun ketumbar, empat sampai lima buah amla dan segelas air. Caranya cukup mencampurkan semua bahan saja. Buah amla dipercaya sangat efektif membantu tekanan darah, karena mengandung vitamin C, tanin kromiun dan mineral.

Baca juga : Tekanan Darah Tinggi? Coba Atasi dengan Konsumsi 8 Makanan Bernutrisi Ini! (1)


(sob/odi)