Konsumsi 3 Batang Cokelat Per Bulan Turunkan Risiko Gagal Jantung

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 29 Agu 2018 15:04 WIB
Foto: Twitter/Thinkstock Foto: Twitter/Thinkstock
Jakarta - Konsumsi tiga batang cokelat dalam sebulan ternyata bermanfaat yang luar biasa. Salah satunya menurunkan risiko gagal jantung.

Banyak yang tak bisa menolak kelezatan makanan manis ini. Rasa manis legit yang khas menjadikan cokelat punya banyak penggemar. Walau begitu, banyak orang yang menahan diri untuk melahap cokelat. Alasannya karena takut menyebabkan badan melar.

Padahal cokelat, dalam hal ini dark chocolate, punya banyak manfaat. Cokelat mengandung alkaloids seperti theobromine dan phenethylamine yang secara psikologis memberi efek pada tubuh. Hal ini berkaitan dengan kadar serotonin pada otak sehingga mampu meredam stres.

Konsumsi 3 Batang Cokelat Perbulan Turunkan Risiko Gagal JantungFoto: iStock
Para ilmuwan menjelaskan kalau dark chocolate yang dimakan dalam jumlah tertentu dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan dark chocolate mengandung antioksidan yang bisa mengurangi radikal bebas.

Baca juga: Ini 6 Alasan Sehat untuk Konsumsi Cokelat Saat Sarapan

Dari sekian banyak manfaat yang diberikan cokelat, baru-baru ini ilmuwan menemukan fakta baru yang menarik. Para ilmuwan dari European Society of Cardiology menyatakan konsumsi tiga buah cokelat batangan sebulan bisa turunkan risiko gagal jantung.

Para peneliti mengamati lebih dari setengah juta orang dewasa. Mereka meneliti khasiat yang dirasakan tubuh peserta jika mengonsumsi cokelat secara rutin. Terlebih bagi kesehatan jantung.

Konsumsi 3 Batang Cokelat Perbulan Turunkan Risiko Gagal JantungFoto: Thinkstock
Hingga akhirnya para peneliti menyimpulkan kalau makan tiga batang cokelat per bulan bisa kurangi risiko terkena penyakit gagal jantung sebesar 23 persen. Hal tersebut dibedakan dari beberapa peserta yang tak mengonsumsi cokelat. Ternyata hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid yang ada pada cokelat.

"Saya percaya kalau cokelat merupakan makanan penting yang kaya akan flavonoid yang berkaitan erat dengan penurunan risiko peradangan dan peningkatan kolesterol jahat," ungkap Dr Chayakrit Krittanawing selaku pimpinan penelitian tersebut pada Independent (29/8).

Konsumsi 3 Batang Cokelat Perbulan Turunkan Risiko Gagal JantungFoto: Istock
Dr Chayakrit juga menjelaskan bahwa flavonoid bisa meningkatkan kadar nitrit oksida dalam tubuh. Zat itulah yang bisa melancarkan sirkulasi dan aliran darah dalam tubuh.

Tapi, konsumsi cokelat dalam jumlah berlebih justru menyebabkan hasil yang sebaliknya. Berdasarkan keterangan para peneliti, orang yang mengonsumsi cokelat berlebih berpotensi terkena penyakit gagal jantung sebesar 17 persen.

Baca juga: Sering Makan Cokelat Membuat Denyut Jantung Lebih Teratur




Saksikan juga video 'Fakta, Cokelat Murni Ternyata Sehatkan Tubuh':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)