Ini 5 Minuman Sehat untuk Asupan Nutrisi Penting Saat Sarapan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 29 Agu 2018 05:48 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Minuman saat sarapan juga bisa beri asupan nutrisi penting. Bahkan membantu jaga berat badan agar tetap stabil.

Menurut beberapa penelitian, sarapan dengan menu yang tepat bisa mengurangi rasa lapar, sekaligus mencegah Anda dari makan berlebih. Selain itu bisa menambah energi, dan membuat tubuh lebih produktif.

Tidak hanya makanan saja, pemilihan minuman juga berperan penting dalam sarapan sehat. Dilansir Health Line (28/08), berikut 5 minuman sehat untuk sarapan.

Baca Juga: Minuman Sehat Ini Bisa Jadi Alternatif Pengganti Sarapan


1. Susu

Tidak Selalu Makanan, 5 Minuman Ini Cocok Untuk Sarapan SehatFoto: iStock
Sarapan pagi dengan segelas susu, ternyata terbukti menyehatkan. Selain kaya kalsium, susu merupakan sumber vitamin yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein dan niasin di dalamnya, dapat membuat perut lebih kenyang, sehingga membuat berat badan tetap terjaga.

Kalau tidak suka rasa susu, Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Susu kedelai memiliki kalori yang rendah, dengan asupan protein dan lemak, serta kalsium. Jadi sama-sama sehat.


2. Air putih

Tidak Selalu Makanan, 5 Minuman Ini Cocok Untuk Sarapan SehatFoto: iStock
Penting untuk mengonsumsi air putih, terutama setelah bangun tidur di pagi hari. Air putih berfungsi menjaga tubuh akan tetap terhidrasi, dan membuat tubuh lebih berenergi.

Bonusnya, air putih juga bebas kalori dan berfungsi untuk membuat otak tetap fokus. Minumlah air putih, setelah sarapan untuk membantu mengisi perut agar terasa lebih kenyang. Sehingga Anda tidak akan makan berlebih.


3. Kopi dan teh

Tidak Selalu Makanan, 5 Minuman Ini Cocok Untuk Sarapan SehatFoto: iStock
Dua jenis minuman yang satu ini, memang paling populer sebagai pengiring sarapan. Secangkir kopi dan teh mengandung kafein, yang berguna untuk memberikan dorongan energi dalam tubuh. Meski banyak yang beranggapan bahwa kafein memiliki efek samping yangburuk, tapi kafein aman dikonsumsi selama takarannya di bawah 500 miligram per hari.

Umumnya secangkir kopi memiliki sekitar 95-200 kafein, dan secangkir teh mengandung sekitar 24-40 miligram kafein. Hindari menambahkan pemanis atau creamer, karena akan menambah jumlah kalori dan lemak.


4. Teh jahe

Tidak Selalu Makanan, 5 Minuman Ini Cocok Untuk Sarapan SehatFoto: iStock
Jahe populer sebagai rempah yang digunakan untuk menambah rasa pada hidangan, sekaligus obat herbal yang mengatasi mual, pilek, hingga radang sendi.

Menurut beberapa penelitian, secangkir teh jahe hangat berguna untuk meningkatkan efek thermic dari makanan. Atau efek yang berguna untuk mencerna sekaligus menyerap makanan. Teh jahe juga cocok ditambahkan perasan jeruk lemon.


5. Air kelapa

Tidak Selalu Makanan, 5 Minuman Ini Cocok Untuk Sarapan SehatFoto: iStock
Jika tidak suka dengan rasa air putih yang hambar, air kelapa juga cocok untuk menjadi minuman sehat di pagi hari. Air kelapa berguna untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, ini karena air kelapa mengandung elektrolit dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Sebaiknya air kelapa diminum ketika perut masih kosong. Selain elektrolit, air kelapa mengandung asam laurat, yang membantu meningkatkan sistem imun. Serta memulai metabolisme untuk menurunkan berat badan. Untuk wanita hamil, air kelapa bisa melawan dehidrasi dan sembelit, hingga mengurangi rasa mual di pagi hari.

Baca Juga: Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan? (sob/odi)