Ragam Breakfast dan Brunch

Minuman Sehat Ini Bisa Jadi Alternatif Pengganti Sarapan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Okt 2015 14:45 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Melewatkan sarapan dengan makan roti atau pancake mungkin membosankan. Jika ingin sarapan praktis dan berbeda, coba minum minuman padat bernutrisi ini.

Yogurt dan susu adalah jenis minuman sehat yang bisa menjadi alternatif pengganti sarapan. Selain rasanya enak, minuman ini juga menyehatkan. Yogurt, misalnya, mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan usus. Keuntungannya lagi, minuman sarapan ini sangat praktis dan mudah dibuat!

1. Smoothies



Jika sedang tak ingin makan berat saat sarapan, cobalah minum smoothies sebagai gantinya. Smoothies dari buah-buahan mengandung pemanis alami sehingga dapat menjadi pemasok energi sepanjang hari. Kandungan kalsium dalam susu juga baik untuk kesehatan tulang. Coba racik buah berry dan susu bersama pisang atau sayuran seperti wortel, sayuran hijau, dan tomat. Tambahkan juga yogurt atau madu, jika suka.

2. Jus




Berbeda dengan smoothies yang menggunakan susu, jus dibuat dengan menghaluskan buah atau sayur saja. Buat jus saat sarapan dengan buah alami, tanpa tambahan gula. Pilih juga buah yang mengandung serat tidak larut seperti kiwi dan tomat. Selain menyehatkan, minum jus juga mengenyangkan.

3. Minuman sereal



Minuman sereal dapat menjadi alternatif sarapan padat nutrisi yang praktis. Cukup campurkan sereal bersama susu hangat ataupun dingin sesuai selera. Ada juga pilihan minuman sereal instan yang banyak dijual di pasaran. Tinggal seduh air panas, sereal ini langsung bisa dinikmati.

4. Yogurt



Yogurt adalah minuman hasil fermentasi susu sapi yang dapat dijadikan sarapan lezat bernutrisi. Sebaiknya pilih yogurt tawar karena mengandung lebih banyak kalsium dan protein. Agar rasa asam yogurt terimbangi, campurkan yogurt dengan buah-buahan segar seperti strawberry dan pisang. Minuman sarapan ini cocok bagi mereka yang menurunkan berat badan mengingat kalorinya yang sedikit.

5. Susu



Disamping mengenyangkan, minum susu saat sarapan dapat menurunkan asupan kalori saat makan siang. Meneguk satu gelas susu per hari juga mempengaruhi performa mental dan otak menjadi lebih baik. Jenis susu yang paling umum dikonsumsi saat sarapan adalah susu sapi (bubuk atau kemasan) dan susu kedelai.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com