Sajian Istimewa Idul Adha

Olah Daging Bersama 5 Makanan Ini Agar Kolesterol Tak Melonjak

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Agu 2018 15:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Menyantap hidangan daging saat Idul Adh tidak bisa dilewatkan. Agar kadar kolestrol tetap terjaga, ada beberapa makanan sehat yang bisa dijadikan pelengkap.

Banyak penelitian yang menemukan bahwa terlalu banyak mengonsumsi daging bisa memicu tingginya kolestrol tubuh yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Tapi tidak perlu khawatir, selama mengonsumsi daging dalam batas wajar dan ditambah 5 makanan pelengkap ini, Anda bisa menikmati gulai kambing hingga sate, tanpa harus takut kolestrol naik.

Baca Juga: Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan Ini

1. Tahu

Olah Daging Bersama 5 Makanan Ini Agar Kolesterol Tak MelonjakFoto: Thinkstock
Tahu dan tofu terbuat dari kacang kedelai. Kacang kedelai telah terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol secara alami. Protein spesial yang berada di dalam kedelai, dapat membantu tubuh mengontrol kolestrol. Beberapa studi menunjukkan, bahwa mengonsumsi makanan olahan kacang kadelai dapat menurunkan kolestrol hingga 6%.

Selain enak disajikan sebagai tahu goreng. Jika punya sisa daging sapI, dan tofu. Anda bisa membuat Tumis Tofu Daging Cincang yang mudah. Lihat resep lengkapnya di sini.

2. Terong

Olah Daging Bersama 5 Makanan Ini Agar Kolesterol Tak MelonjakFoto: iStock
Sayuran yang satu ini disebut dapat menurunkan risiko penyakit hati. Selain itu sebuah studi menyebutkan bahwa terong memiliki kalori yang rendah, dan merupakan sumber untuk serat dan fiber yang berguna menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Selain dapat mengontrol kadar kolestrol, terong juga baik untuk mengontrol kadar gula darah, dan membantu meningkatkan tingkat insulin.

Terong juga cocok dimasak dengan daging sapi, dan dipadukand engan saus BBQ dan potongan paprikan yang gurih lezat. Intip resep lengkapnya di sini.

3. Kacang

Olah Daging Bersama 5 Makanan Ini Agar Kolesterol Tak MelonjakFoto: iStock
Semua jenis kacang kaya akan protein, fiber, lemak sehat, magnesium, pottasium, hingga Vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh. Semua sumber vitamin dan nutrisi ini, berguna untuk menurunkan kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh. Sekaligus menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Kacang cocok disantap sebagai camilan. Atau bisa diolah menjadi sambal kacang, yang cocok disantap dengan sate dan hidangan daging lainnya.

Baca Juga: Mau Bikin Sate Ayam Bumbu Kacang yang Enak? Ini Triknya dari Chef

4. Brokoli

Sayuan hijau yang satu ini dapat mengurangi kadar kolestrol. Menurut beberapa studi, sayuran brokoli dapat mengurangi kolestrol sebesar 6% . Brokoli merupakan varietas yang mengandung 2-3 kali lebih banyak senyawa glukoraphanin yang terbentuk secara alami, yang membantu kolestrol tetap stabil.

Agar hidangan daging lebih sehat, bisa tambahkan potongan brokoli ke dalam sop daging, atau dijadikan sayuran tumis yang cocok disantap dengan sate atau gulai.

5. Tomat

Olah Daging Bersama 5 Makanan Ini Agar Kolesterol Tak MelonjakFoto: Istimewa
Tomat kaya akan vitamin dan mineral, yang bagus untuk menghidrasi, dan mengatur sirkulasi darah dalam tubuh. Tomat juga berguna untuk mencegah penyakit kanker, dan yang terpenting tomat dapat mendetoks tubuh. Termasuk menurunkan kadar kolestrol, meningkatkan sistem pencernaan, hingga membuat mata lebih sehat.

Tomat bisa dicampurkan ke dalam saus kecap, dan disantap dengan sate. Bisa juga dicampurkan ke dalam aneka sop kambing, sehingga hidangan menjadi lebih sehat. (dwa/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com