Madu Bisa Bantu Turunkan Berat, Begini Cara Konsumsinya

Riska Fitria - detikFood Kamis, 09 Agu 2018 15:25 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Madu dan makanan manis sering dihindari jika sedang berdiet. Padahal madu yang manis alami bisa bantu turunkan berat badan. Ini caranya.

Jika Anda sedang berdiet dan tetap ingin makan yang manis, Anda bisa mengonsumsi madu. Rasa manis pada madu dipercaya bisa menurunkan berat badan.

Menurut National Honey Board yang dikutip dari Food NDTV (08/08) madu tak mengandung lemak, bebas kolesterol dan bebas sodium. Oleh karena itu, madu disebut juga sebagai nektar manis alam. Tapi, dengan 64 kalori per sendok makan, bagaimana madu bisa membantu menurunkan berat badan?
Madu Bisa Bantu Turunkan Berat, Begini Cara KonsumsinyaFoto: iStock
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam 'Journal of American College of Nutrition', madu bisa membantu mengendalikan nafsu makan. Cobalah untuk mengkonsumsi madu sebelum tidur, supaya tubuh mulai membakar lebih banyak lemak selama jam-jam awal tidur.
Untuk itu, gunakan madu sebagai pengganti gula pada makanan dalam diet.

Madu juga bisa diolah menjadi minuman yang dipercaya bisa menjadi pengobatan anti selulit yang efektif Para ahli menyarankan untuk memulai hari dengan mencampur 1 sendok madu dan jus lemon dari 1/2 buah jeruk lemon dan 150 ml air hangat. Minumlah sebelum sarapan. Selain membantu menurunkan berat badan, juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga : Padukan Madu dengan 8 Bahan Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badan (1)

"Di India, banyak orang memulai hari mereka dengan secangkir air hangat yang dicampur dengan madu dan air jeruk lemon untuk menurunkan berat badan. Sekarang, madu dan lemon sama-sama populer karena banyak manfaat sehatnya.
Madu Bisa Bantu Turunkan Berat, Begini Cara KonsumsinyaFoto: iStock
Madu adalah sumber antioksidan dan flavonoid yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu memiliki indeks glikemik rendah, dan karenanya, tidak menambah kalori.

"Sementara jeruk lemon merupakan sumber yang sangat kaya vitamin C dan bekerja sebagai agen detoksifikasi. Serabut pektin dalam lemon memperlambat pencernaan gula dan pati, dan meningkatkan kesehatan usus," ungkap Dr. Sapna V Roshini, Dermatolog, Cocoona Center of Aesthetic Transformation.

Selain lemon, madu juga bisa dipadukan dengan kayu manis. Caranya, campurkan satu sendok teh madu dan satu perempat sendok teh kayu manis bubuk dalam satu gelas air. Minumlah setiap hari sebelum sarapan dan sebelum tidur.
Madu Bisa Bantu Turunkan Berat, Begini Cara KonsumsinyaFoto: iStock
Ahli Nutrisi dan Kesehatan Makrobiotik, Shilpa Arora mengatakan, "Madu mentah adalah pengganti terbaik gula. Sangat baik jika dikombinasikan dengan kayu manis karena keduanya saling melengkapi. Campuran itu bisa mengontrol lonjakan gula dengan mengurangi trigliserida atau lemak darah dan juga pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Baik madu dan kayu manis adalah anti-inflamasi. Keduanya membantu memerangi alergi dan meningkatkan sistem kekebalan Anda."

Jika Anda alergi terhadap lemon dan madu, lebik baik berkonsultasi dengan spesialis. Jangan lupa juga untuk menghitung kalori pada madu, karena madu merupakan sumber gula yang memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan gula biasa.

Baca juga : Bisa Jadi Madu yang Anda Minum Palsu, Kenali Ciri-ciri Madu Ini (sob/odi)