Agar Cepat Hamil Setelah Menikah, Ini Makanan yang Dianjurkan Ahli Gizi

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 03 Jul 2018 11:39 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau ingin cepat hamil ahli gizi sarankan untuk konsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan. Kira-kira apa saja ya makanan yang harus dikonsumsi wanita?

Sebuah survei baru yang diterbitkan oleh Public Health England mengungkapkan bahwa kesulitan hamil menjadi ketakuan reproduksi terbesar keenam bagi wanita.

Baca juga: Agar Janin Sehat, Ibu Hamil Perlu Tahu 5 Nutrisi Penting dari Makanan Ini!

Ahli gizi Dr Marilyn Glenville, penulis 'Getting Pregnant Faster' mengatakan bahwa apa yang dimakan wanita berpengaruh besar terhadap kesuburan. Dikutip dalam Dailymail (28/06) makan lebih banyak gandum, lemak sehat dan ikan dapat membantu seorang wanita lebih cepat hamil. Terutama jika ia tidak sama sekali konsumsi alkohol dan merokok.

Agar Cepat Hamil Setelah Menikah, Ini Makanan yang Dianjurkan Ahli GiziFoto: iStock

Glenville juga mengungkapkan bahwa terlalu gemuk atau kurus juga dapat menghambat peluang untuk hamil. Meskipun Anda tidak dapat meningkatkan jumlah telur yang Anda miliki, akan tetapi Anda bisa meningkatkan kualitasnya. Ini hanya membutuhkan waktu tiga bulan.

"Dengan meningkatkan kualitas sel telur, Anda dapat meningkatkan peluang hamil secara alami dan juga mencegah keguguran," jelasnya.

Diperlukan waktu yang lama bagi folikel di ovarium Anda untuk berkembang sebelum matang dan akhirnya melepaskan telur saat terjadi ovulasi.

Baca juga: Sedang Hamil, Kate Middleton Tak Boleh Konsumsi Makanan Favorit Pangeran William

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa perubahan dalam diet dan gaya hidup Anda dan pasangan sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan. Berat badan juga jadi penentunya.

Agar Cepat Hamil Setelah Menikah, Ini Makanan yang Dianjurkan Ahli GiziFoto: iStock

Mempertahankan presentase lemak tubuh rata-rata sangat penting untuk ovulasi. Jika terlalu rendah atau terlalu tinggi, Anda akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Dr Glenville menyatakan, "Wanita paling subur ketika mereka tidak terlalu kurus atau terlalu berat."

"Mereka membutuhkan setidaknya 18 persen lemak tubuh untuk berovulasi dan peluang terbaik untuk hamil adalah ketika 20-15 persen dari massa tubuh adalah jaringan lemak."

Siklus menstruasi dapat terganggu karena terlalu banyak lemak yang dapat mempengaruhi kadar estrogen. Menjadi 25 persen dari berat badan ideal dapat menghentikan ovulasi.

Makan terlalu banyak makanan olahan yang mengandung trans fat juga dapat menghambat kesuburan. "Lemak trans tidak memiliki nilai gizi sama sekali dan digunakan oleh industri makanan untuk memberikan rasa dan stabilitas produk," ungkapnya.

Agar Cepat Hamil Setelah Menikah, Ini Makanan yang Dianjurkan Ahli GiziFoto: iStock

Lemak trans juga dapat mengeraskan membran sel sehingga dapat mempengaruhi fertilisasi sel telur. Karena sel telur harus bagus dan lunak untuk memungkinkan sprema untuk menembus ke dalam.

Sedangkan lemak esensial yang baik dapat membuat sistem reproduksi dan sangat penting untuk fungsi hormon yang sehat. "Tinggalkan makanan cepat saji dan makanan yang diproses. Pilihlah salmon, mackerel, alpukat, kacang dan biji-bijian yang mengandung lemak baik," saran Glenville.

Sambil konsumsi makanan sehat, suplemen gizi juga diperlukan untuk tingkatkan kesuburan. Nutrisi yang paling penting untuk kesuburan adalah zinc, selenium, vitamin E, vitamin C dan asam lemak omega 3.

Baca juga: Ini Satu Jenis Makanan yang Dihindari Khloe Kardashian Selama Hamil (lus/odi)