Diet Gagal Terus? Pacar Kamu Mungkin Jadi Penyebabnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 02 Jul 2018 09:10 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kegagalan diet bisa juga disebabkan karena pengaruh pasangan. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian, lho!

Usaha menurunkan berat badan memang tidak mudah. Selain perlu membatasi asupan makanan, seseorang harus teguh pada pendirian untuk tak tergoda pada ajakan makan.

Lalu bagaimana jika pasangan yang mengajak makan? Rupanya ada beberapa orang di Amerika yang dietnya gagal karena ajakan makan pasangan.

Diet Gagal Terus? Pacar Kamu Mungkin Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

Dikutip dari Fox News (2/7), survei terbaru di Amerika mengungkap satu dari empat orang gagal diet karena pengaruh pasangan. Survei ini juga mencari tahu bagaimana dan kenapa hal itu terjadi.

Baca Juga: Kalau Mau Langsing Tapi Malas Diet, Coba Siasati dengan 6 Cara Ini

Penyebabnya ternyata beragam seperti pasangan yang ngemil di depan pelaku diet sehingga yang diet tergoda, mengajak pesan makanan, hingga sekadar ingin minum bersama. Sebanyak 24% partisipan menyalahkan pasangannya karena menggagalkan diet.

Adapun survei diadakan OnePoll bersama Isopure. Mereka meneliti kesuksesan dan kegagalan diet 2.000 orang Amerika. Hasilnya partisipan mengaku tak punya waktu menyusun pola makan dan makan enak saat liburan jadi penyebab utama kegagalan diet.

Meski banyak pemicu kegagalan diet terlihat logis, ternyata beberapa alasan sesederhana hanya karena godaan. Sebanyak 38% partisipan gagal diet karena tak mampu menahan godaan makanan enak.

Sementara 32% partisipan mengklaim makanan sehat terlalu mahal sehingga pada akhirnya mereka beralih membeli makanan yang kurang menyehatkan. Yang tak kalah mencengangkan, 42% partisipan mengaku makan enak sebagai pelampiasan stress.

Untuk jenis makanan yang paling banyak bikin partisipan tergoda adalah pizza. Diikuti es krim, keripik dan cokelat. Ada juga cookies, kue, burger, permen dan keju.

Diet Gagal Terus? Pacar Kamu Mungkin Jadi PenyebabnyaFoto: iStock

"Rencana diet hanya bagus ketika secara realistis Anda bisa mematuhinya, jadi penting untuk mengatur rencana dari gaya hidup spesifik Anda dan untuk memberi momen rehat dalam rencana. Seperti bisa makan enak di malam minggu karena Anda akan kumpul bareng teman atau keluarga," tutur Jonathan Thompson, manajer Isopure.

Selain batasi asupan makanan, ia juga mengingatkan pentingnya faktor tidur, olahraga dan hidrasi yang cukup. "Ketika pilar nutrisi, olahraga, tidur dan hidrasi bersinergi, hal baik terjadi. Berpikirlah seperti tiap pilar itu adalah kaki meja. Menyingkirkan salah satu kaki bisa membuat sesuatu tak seimbang," pungkas Thompson.

Baca Juga: Ajak Si Dia Menerapkan Pola Diet Sehat dengan Trik Ini
(lus/odi)