Hidangan Lebaran

Cegah Diare Saat Mudik dengan Perhatikan 5 Soal Kebersihan Makanan

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 09 Jun 2018 16:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Diare jadi penyakit yang umum terjadi dialami para pemudik. Salah satunya bisa karena salah makan atau pun kurangnya perhatian akan kebersihan pada makanan.

Perjalanan mudik, terutama yang melewati jalur darat memang bisa menimbulkan masalah gangguan pencernaan. Salah satunya adalah perut kembung hingga diare. Hal ini bisa terjadi karena salah memilih makanan atau tidak diperhatikannya kebersihan makanan. Saat perut lapar, sudah pasti Anda akan asal memilih makanan karena Anda tidak tahu mana restoran yang enak dan bersih di sekitar situ.

Agar terhindar dari diare, sebaiknya perhatikan 5 hal penting ini saat mudik.

Baca juga: Mulai Mudik? Sahur Praktis di Jalan Bisa dengan Makanan Instan Ini

1. Kebersihan

Cegah Diare Saat Mudik dengan Perhatikan 5 Soal Kebersihan MakananFoto: iStock

Kebersihan tangan hingga tempat makan jadi yang utama. Sebelum mengonsumsi makanan, baik bekal atau ketika makan di tempat umum pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih. Jika ada air, Anda bisa mencuci tangan terlebih dulu. Sebagai alternatif, bawalah cairan antiseptik atau tisu basah untuk menghilangkan kuman di tangan sebelum makan.

Selain itu, perhatikan juga kebersihan rumah makan yang akan Anda singgahi serta makanan yang disajikan. Jika makanan tersebut sudah dihinggapi lalat, sebaiknya jangan dikonsumsi.

2. Pastikan makanan matang

Cegah Diare Saat Mudik dengan Perhatikan 5 Soal Kebersihan MakananFoto: iStock

Jika mampir ke rumah makan, belilah makanan yang dimasak langsung sesuai dengan pesanan. Sehingga ketika Anda menikmatinya, makanan tersebut masih panas dan segar. Jika makanan sudah didiamkan lama atau dimasak kurang matang, bisa saja bakteri muncul dalam makanan tersebut. Kalau hal ini terjadi, bukan saja diare tapi juga bisa timbulkan keracunan makanan.

3. Hindari makanan pedas

Cegah Diare Saat Mudik dengan Perhatikan 5 Soal Kebersihan MakananFoto: iStock

Selama perjalanan, sebaiknya tidak mengonsumsi dulu makanan pedas dan terlalu berempah. Baik pada pilihan makanan di jalan atau bekal yang dibawa. Terutama bagi yang perutnya sensitif terhadap pedas. Konsumsi makanan pedas bisa membuat perut panas dan memicu diare.

4. Makanan tidak basi

Cegah Diare Saat Mudik dengan Perhatikan 5 Soal Kebersihan MakananFoto: iStock

Jika Anda memutuskan untuk membawa bekal makanan sendiri, pastikan makanan tersebut masih layak konsumsi. Jangan sampai ketika ingin dimakan ternyata makanan sudah basi. Sebaiknya jangan membawa bekal makanan yang menggunakan santan (kecuali rendang) atau makanan yang dicampur dengan mayonnaise.

Pilih saja makanan yang dimasak kering seperti abon hingga kering kentang.

5. Bawa buah dari rumah

Cegah Diare Saat Mudik dengan Perhatikan 5 Soal Kebersihan MakananFoto: iStock

Selama perjalanan jauh, tubuh memerlukan asupan vitamin dan juga mineral. Ini bisa Anda dapatkan dari buah-buahan sebagai asupan nutrisi. Sebaiknya, bawa sendiri buah dari rumah yang sudah dicuci bersih. Agar memudahkan, sebaiknya pilih buah-buahan yang berkulit dan mudah dimakan seperti pisang hingga jeruk.

Baca juga: Ini 5 Bekal Mudik yang Cocok Dibawa Saat Perjalanan Lebih dari 8 Jam! (lus/odi)