Untuk Dapat Manfaatnya, Berapa Apel yang Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 24 Apr 2018 05:46 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Apel termasuk buah paling populer, mudah didapat dan renyah manis rasanya. Selain itu, apel ternyata punya banyak khasiat sehat untuk tubuh.

Buah yang satu ini banyak digunakan di beberapa sajian. Mulai dari salad, pie, cake, puding, selai hingga terbaru ada burger bertopping apel utuh di Jepang.

Baca Juga: Terbaru! Burger dengan Isi Irisan Tipis Apel Utuh

Untuk Dapat Manfaatnya, Berapa Apel yang Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?Foto: iStock
Ternyata buah manis renyah ini punya segudang manfaat. Karenanya dikenal istilah 'eat an apple a day keep the doctor away'. Ini karena kandungan nutrisinya yang dipercaya bias membuat tubuh sehat.

Apel merupakan buah yang mengandung banyak serat. Satu buah apel mengandung 3.8 gram serat. Angka tersebut 10% lebih besar dari kebutuhan serat harian seorang wanita. Serat sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti mengendalikantekanan darah, menurunkan kolesterol hingga menyehatkan usus.

Buah ini juga kaya akan vitamin C. Satu buah apel, rata-rata mengandung 15% kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Vitamin C salah satu antioksidan yang bermanfaat untuk sintesis kolagen.

Untuk Dapat Manfaatnya, Berapa Apel yang Sebaiknya Dikonsumsi Setiap Hari?Foto: Istimewa

Keuntungan lain yang bisa tubuh dapatkan dari buah ini adalah menurunkan indeks glikemik. Karenanya apel sangat pas untuk dijadikan camilan. Selain itu, apel termasuk buah yang mudah didapat dan harganya tidak terlalu mahal.

Setelah tahu manfaat yang ditawarkan buah ini, Anda juga perlu tahu berapa jumlah apel yang baik dikonsumsi dalam sehari. Berdasarkan keterangan ahli gizi asal Sydney bernama Melissa Meier, sebaiknya konsumsi dua buah apel per hari, seperti dilansir bodyandsoul (19/4).

Namun sebelum memakan dua buah apel, perhatikan dulu tubuh Anda. Pasalnya kebutuhan serat dan vitamin C harian tiap orang berbeda. Walaupun makan banyak buah dan sayur bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Tapi sebagian orang memilih untuk mengonsumsi satu buah apel.

Baca Juga: Dapatkan 8 Manfaat Makan Apel Turunkan Berat Badan Hingga Perkuat (dwa/odi)