Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya Khasiat

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 20 Apr 2018 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Pisang tergolong buah-buahan yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Baik pisang matang, maupun si pisang berkulit hijau yang keras alias mentah.

Siapa bilang hanya pisang matang yang punya banyak manfaat bagi tubuh? Pisang mentah ternyata kaya khasiat. Berdasarkan keterangan ahli gizi makrobiotik dan praktisi kesehatan bernama Shilpa Arora, pisang mentah mengandung banyak serat.

"Pisang mentah sangat berguna saat punya masalah pencernaan. Buah ini penuh potasium yang bisa mengatur tekanan darah dalam tubuh," tutur Shilpa Arora.

Berikut tujuh manfaat yang bisa Anda dapat jika mengonsumsi pisang mentah, seperti dilansir Food NDTV (18/4).

1. Kaya serat

Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya KhasiatFoto: iStock
Pisang mentah sebenarnya salah satu buah yang bisa dijadikan sumber serat bagi tubuh. Serat sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan jantung. Dalam 100 gram pisang mengandung 2.6 gram serat.

Serat ini bisa memperlancar sistem pencernaan sehingga membuat kinerja usus akan lebih teratur. Konsumsi bahan makanan yang kaya serat juga bantu jaga kadar gula darah. Selain itu, serat juga bisa menjaga kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko stroke.

2. Baik untuk jantung

Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya KhasiatFoto: DW (News)
Pisang mentah sebenarnya sama dengan pisang matang. Sama-sama mengandung kalium. Satu buah pisang mentah rebus mengandung 531 miligram kalium. Kalium sendiri sangat baik untuk ginjal. Karena kalium adalah vasilidator yang bisa memastikan tekanan darah dalam tubuh terkendali dengan baik.


3. Bisa turunkan berat badan
Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya KhasiatFoto: Thinkstock
Pisang mentah ini ternyata kaya akan serat. Tubuh perlu waktu lama untuk mencerna serat. Karenanya kalau Anda banyak makan serat, tubuh Anda akan kenyang lebih lama. Jadi, Anda dijamin tidak akan tergiur untuk melahap camilan lain. Sehingga berat badan pun akan mudah turun.

4. Sumber vitamin

Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya KhasiatFoto: iStock
Walau belum matang, pisang hijau ini ternyata kaya akan vitamin dan mineral, lho. Selain kalium, pisang mentah juga kaya akan vitamin C dan vitamin B6. Keduanya bisa memudahkan tubuh untuk menyerap mineral dan nutrisi penting seperti kalsium.

5. Baik untuk penderita diabetes

Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya KhasiatFoto: Thinkstock
Dibandingkan pisang matang, pisang mentah justru baik untuk penderita diabetes. Pasalnya pisang mentah punya kandungan gula lebih rendah. Indeks glikemik yang dimiliki pisang mentah sebesar 30.

Makanan dengan indeks glikemik rendah atau dibawah 55, mudah dicerna dan diserap. Sehingga gula darah tidak akan naik secara tiba-tiba. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki pisang mentah juga punya kandungan nutrisi yang dibutuhkan penderita diabetes.

6. Sumber pati resisten

Kalau mencari bahan makanan yang punya kandungan pati resisten, pisang mentah bisa jadi pilihan. Pati resisten merupakan serat fungsional. Selama masa pencernaan, pati resisten diubah menjadi asam lemak rantai pendek oleh bakteri di usus. Pati resisten bisa bantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Obat sembelit

Bukan Hanya Pisang Masak, Pisang Mentah Juga Kaya KhasiatFoto: iStock
Karena kaya akan serat, pisang mentah bisa jadi obat mujarab untuk atasi sembelit dan masalah perut lainnya. Anda hanya perlu merebus pisang mentah dengan sedikit garam.

Merebus pisang mentah jadi pilihan paling tepat sekaligus menyehatkan. Karena menggoreng pisang bisa menambah kalori. Saat membeli pisang mentah sebaiknya pilih yang segar, berkulit hijau mulus tanpa bintik hitam.

(dwa/odi)