Apa Benar Makan Mangga Bisa Bikin Wajah Jerawatan?

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 05 Apr 2018 14:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Buah mangga sering disebut sebagai penyebab timbulnya masalah kulit. Termasuk memicu munculnya jerawat di wajah.

Buah mangga rasanya manis dan segar, cocok untuk dimakan ketika musim panas. Menurut buku 'Healing Foods' dari DK Publishing, mangga yang ada di seluruh wilayah Asia memiliki banyak manfaat kesehatan.
Apa Benar Makan Mangga Bisa Bikin Wajah Jerawatan?Foto: iStock
Buah mangga kaya akan antioksidan, beta karoten, dan vitamin C yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi penglihatan, dan membantu pencernaan. Namun, banyak yang menganggap mangga dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat.

Baca Juga: Konsumsi Mangga Berlebihan Dapat Sebabkan 8 Masalah Ini

Dilansir dari Food NDTV (04/04), mengonsumsi buah mangga berlebihan cenderung menghasilkan panas dalam tubuh. Ini berarti menaikkan suhu tubuh dan mendorong pertumbuhan jerawat, bisul, ruam, hingga tingkat keasaman dalam tubuh.
Apa Benar Makan Mangga Bisa Bikin Wajah Jerawatan?Foto: iStock
"Mangga merupakan buah yang kaya vitamin C, kalium, magnesium, serat, vitamin B6, dan beta-karoten yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Buah mangga tidak menyebabkan jerawat, atau penyakit lainnya, selama mangga dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan tak berlebihan," jelas Shilpa Arora selaku praktisi kesehatan.

"Mangga sarat dengan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Selama buah mangga dikonsumsi dalam porsi wajar, karena mengonsumsi terlalu banyak mangga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan," ungkap Dokter Zamurrud Patel selaku konsultan ahli gizi di Global Hospitals Mumbai.
Apa Benar Makan Mangga Bisa Bikin Wajah Jerawatan?Foto: iStock
Buah mangga sebenarnya sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan nutiris dan sumber vitamin A yang terdapat di dalamnya, dapat menjadi antioksidan kuat yang membantu meremajakan kulit serta mencegah pertumbuhan jerawat .

Buah mangga juga kaya akan asam alpha hydroxyl (AHA) yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan sangat baik untuk peremajaan kulit.

Jadi jangan takut mengonsumsi buah mangga selama masih dalam takaran yang normal.

Baca Juga: Ramuan Buah Mangga Segar Ini Bisa Menghaluskan Kulit dan Cegah Jerawat (sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed