Mau Cepat Kurus? Ahli Gizi Anjurkan Makan Banyak Saat Sarapan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 27 Mar 2018 07:35 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Roti dan makanan berkarbohidrat kerap dihindari pelaku diet. Padahal dengan makan roti saat sarapan bisa berefek positif pada penurunan berat badan.

Studi terbaru dari Tel Aviv University, Israel mengungkap manfaat dari makan selembar roti saat sarapan. Hal ini bisa ternyata bisa mengurangi berat badan.

"Makan selembar roti bisa mengurangi respons glukosa dan tidak membuat gemuk sama seperti ketika makan roti di malam hari," ujar pemimpin penelitian, Dr Daniela Jakubowicz kepada Daily Mail (26/3).

Mau Cepat Kurus? Coba Makan Banyak Saat Sarapan dan Konsumsi Roti!Foto: iStock

Baca Juga: Mau Tetap Ramping? Mari Sarapan Pasta dengan Paduan Bahan Segar

Menurutnya jam makan dan seberapa sering mengonsumsi makanan lebih penting dibanding jenis makanan dan berapa banyak kalori yang seseorang konsumsi. Pada studi yang dipimpin Jakubowicz, partisipan yang makan banyak saat sarapan, makan sedang saat makan siang dan sedikit makan di malam hari, kehilangan berat badan 4 kali lebih banyak dibanding partisipan yang makan 6 kali sehari.

Sementara itu, partisipan penelitian ini adalah mereka yang alami diabetes dan obesitas. Hal ini jadi indikator baik bagaimana rata-rata partisipan mungkin kehilangan beberapa kilo gram berat badan.

Menanggapi hasil penelitian ini, ahli gizi dari Australia bernama Susie Burrell setuju. Ia meyakini hasil penelitian ini akan menjadi data yang memberi semangat.

"Ini bukti lebih untuk menunjukkan jam makan dan distribusi karbohidrat sepanjang hari adalah bagian penting dalam penurunan dan pengaturan berat badan dalam jangka panjang," ujar Burrell.

Mau Cepat Kurus? Coba Makan Banyak Saat Sarapan dan Konsumsi Roti!Foto: iStock

Menurutnya glukosa yang optimal dan pengaturan insulin, adalah hal paling besar yang bisa dilakukan seseorang untuk mengontrol berat badan dalam jangka panjang. "Dan mengonsumsi karbohidrat dalam porsi yang terkontrol adalah cara termudah untuk mencapainya," lanjut Burrell.

Sebagai contoh, menu sarapan yang dianjurkan adalah roti dengan olesan selai kacang, irisan pisang dan biji chia. Kalau tak suka, bisa dicoba sourdough beroles alpukat.

Baca Juga: Ini yang Perlu Anda Makan Saat Sarapan agar Produktif Seharian

(adr/odi)