Bisa Dibuktikan! Kulit Mulus dan Sehat Berkat Semangka

Devi Setya - detikFood Selasa, 20 Mar 2018 19:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selain manis, renyah dan mengandung banyak air, semangka juga punya banyak manfaat untuk kecantikan. Mulai sekarang manfaatkan semangka untuk perawatan kulit.

Hampir semua bagian semangka memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Bagian kulitnya baik untuk meredakan peradangan pada kulit, bijinya bisa meningkatkan kolagen sementara daging semangka mengandung banyak vitamin E yang menjaga keremajaan kulit.

Dilansir dari This Is Insider (19/3) berikut empat alasan untuk menggunakan semangka sebagai bahan alami perawatan kulit.

1. Kulit semangka meredakan radang kulit
Selama beberapa abad di Korea, kulit semangka sudah dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakan radang kulit. Beberapa masalah kulit seperti kemerahan bisa diatasi dengan kulit semangka, termasuk mengganti sel kulit mati.
Bisa Dibuktikan! Kulit Mulus dan Sehat Berkat SemangkaFoto: Istimewa
"Kabarnya, nenek-nenek Korea biasa mengusap kulit semangka ke wajah yang terkena sengatan matahari, ruam, atau kulit yang rusak karena membantunya pulih lebih cepat," kata Anna Guanche, ahli kulit yang berbasis di California.

Baca juga : Uniknya 'What-A-Melon', Es Krim Semangka yang Disajikan di Tengah Semangka Segar

2. Biji semangka mengurangi iritasi
Biji semangka mengandung protein dan asam lemak yang membantu mempertahankan kelembaban di kulit. Bagian bijinya juga mengurangi iritasi dan membantu meningkatkan produksi kolagen.
Bisa Dibuktikan! Kulit Mulus dan Sehat Berkat SemangkaFoto: Istimewa
"Biji semangka mengandung protein seperti biji lainnya," kata Harold Lancer dari Beverly Hills. "Biji semangka juga memiliki asam lemak, asam linoleat yang mengental, asam oleat sifatnya menghidrasi kulit yang kering."

3. Daging buahnya kaya vitamin
Jika kulit mengalami gejala kerusakan seperti terbakar sinar matahari, bintik hitam dan bercak kering, saatnya memanfaatkan daging buah semangka.

"Vitamin A dan C yang ditemukan dalam semangka dapat membantu memulihkan kulit yang rusak setelah terkena sinar matahari, angin atau bahkan stres," kata Guanche. Vitamin E, yang juga hadir dalam buah, dapat meringankan hiperpigmentasi, mengurangi garis-garis halus, dan membantu menetralisir efek radikal bebas.

"Semangka memiliki satu ton vitamin E, yang merupakan antioksidan alami untuk peremajaan kulit," tambah Lancer.

Baca juga : Manis Segar Semangka Bisa Bikin Perut Lebih Ramping

4. Berlaku untuk semua jenis kulit
Untuk mengaplikasikan buah semangka pada wajah, bisa campurkan pada masker wajah Anda. Semangka yang merupakan bahan alami, bisa diaplikasikan pada semua jenis kulit.
Bisa Dibuktikan! Kulit Mulus dan Sehat Berkat SemangkaFoto: Istimewa
"Apakah Anda memiliki kulit berminyak, berjerawat atau sensitif, semuanya bisa melakukan perawatan wajah dengan semangka," kata Lancer. (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com