Waduh, Bahagia dengan Pasangan Juga Bisa Bikin Gemuk!

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 20 Mar 2018 15:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Memiliki pasangan membuat kita merasa bahagia. Namun hal ini perlu diwaspadai, karena diam-diam pasangan bisa membuat berat badan Anda naik. Kok bisa?

Tak hanya berpacaran. Menurut penelitian, menikah juga bisa membuat berat badan Anda naik. Hal ini dikarenakan Anda merasa bahagia dan aman hidup bersama dengan pasangan.

Waduh, Bahagia dengan Pasangan Juga Bisa Bikin Gemuk!Foto: iStock

Memiliki hubungan yang baik bersama orang yang dicintai memang menjadi sesuatu yang didambakan banyak orang, memperpanjang stabilitas dan memberikan keintiman. Bahkan ketika hujan, bersama pasangan kita bisa meringkuk di bawah selimut saat hujan, membuat pizza untuk makan malam atau sekedar pergi bersama menikmati makanan di luar.

Baca juga: Pacaran Membuat Wanita Jadi Lebih Gendut?

Dikutip dalam nypost (19/03), sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari satu dekade telah mengkonfirmasi tentang apa yang banyak dicurigai orang. Berada dalam zona nyaman hubungan bisa membuat Anda menjadi lebih gemuk.

Penelitan ini dilakukan oleh University of Queensland, Australia. Para peneliti menemukan bahwa pasangan bisa jadi sumber kenaikan berat badan lho.

Analisa data dilakukan lebih dari 15.000 orang selama 10 tahun, mereka menemukan bahwa pasangan rata-rata naik berat badan hingga 5,7 Kg lebih banyak daripada yang tidak memiliki pasangan. Dan yang tidak memiliki pasangan rata-rata mengalami peningkatan bobot hanya sekitar 1,7 Kg per tahun.

Para peneliti mengatakan, pernikahan datang dengan kewajiban suami-istri untuk menyiapkan makanan. "Meskipun mereka mungkin menikmati makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan dan sayuran akan tetapi mengonsumsi makanan dengan ukuran lebih besar sehingga lebih banyak kalori daripada menikmati makanan ini sendiri," lapor New Scientist.

Waduh, Bahagia dengan Pasangan Juga Bisa Bikin Gemuk!Foto: iStock

Penulis utama, Stephanie Schoeppe mengatakan,"Ketika pasangan tidak perlu terlihat langsing untuk menarik pasangan, mereka mungkin merasa akan lebih nyaman saat makan banyak atau lebih banyak konsumsi makanan tinggi lemak dan gula."

Studi ini menanyakan orang-orang tentang kebiasaan gaya hidup mereka, termasuk seberapa aktif mereka dan seberapa sering memesan makanan. Meskipun tidak semua pasangan buruk, mereka menemukan pasangan makan lebih banyak buah dan sayur.

Baca juga: Setelah Menikah, Pria dan Wanita Lebih Mudah Gemuk (lus/odi)