Konsumsi Pizza Beku Bisa Sebabkan Hipertensi? Ini Kata Ahli

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 20 Mar 2018 10:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Makanan beku memang praktis tetapi tidak boleh sering dikonsumsi. Makanan tersebut disinyalir bisa sebabkan hipertensi. Benarkan?

Makanan olahan beku memang membuat hidup lebih praktis. Anda bisa menyetoknya dalam jumlah banyak di rumah. Karena penyimpanannya mudah, hanya perlu disimpan di freezer. Kemudian tinggal dipanaskan dalam oven jika akan disantap. Apalagi makanan ini dapat dengan mudah dijumpai di pasar swalayan dengan harga relatif murah.

Tidak hanya orang dewasa yang menyukainya, anak-anak juga sangat suka makanan ini. Tapi ternyata makanan beku mengandung banyak garam dan gula. Walau saat dimakan rasanya sama dengan makanan segar yang baru dibuat.

Baca Juga: Ini Alasan Tak Baik Setiap Hari Bawakan Makanan Olahan untuk Bekal

Konsumsi Pizza Beku Bisa Sebabkan Hipertensi? Ini Kata AhliFoto: Detikfood
Biskuit, roti, dan sereal juga mengandung banyak garam walau rasanya manis. Paduan garam dan gula inilah yang membuat makanan lebih lezat dan bikin nagih.

Pakar tekanan darah asal Inggris mengungkap kalau terlalu banyak mengonsumsi garam bisa sebabkan hipertensi. Ini bahkan jadi penyebab utama masalah hipertensi. Menurutnya, orang dewasa tidak boleh makan garam lebih dari 6 gram per hari seperti dilansir metro.co.uk (19/3).

Di Inggris, orang dewasa yang menderita hipertensi disebabkan karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Konsumsi pizza beku jadi penyebab utamanya.

"Semua jenis pizza sangat buruk bagi tubuh karena orang tidak bisa melihat berapa jumlah sodium yang diasup tubuh. Kombinasi keju, daging, saus tomat, dan bahan pinggiran pizza mengandung banyak sodium. Tapi lebih berbahaya lagi pizza beku terutama bagi penderita hipertensi," ujar salah satu ahli dari situs kesehatan, Healthline.

Konsumsi Pizza Beku Bisa Sebabkan Hipertensi? Ini Kata AhliFoto: istock
Menurutnya, pizza beku memang dibuat sedemikian rupa agar rasanya sama dengan pizza yang baru dimasak. Hal ini yang menyebabkan perusahaan pizza beku menambah banyak garam.

"Satu buah keju atau daging atau pizza beku bisa mengandung sodium sebanyak 982 miligram, beberapa bahkan lebih," ungkapnya.

Jadi semakin banyak topping yang ada pada pizza beku, kandungan sodiumnya juga akan semakin bertambah. Karenanya para ahli lebih menyarankan untuk memasak pizza atau jenis makanan beku lainnya di rumah. Selain aman, Anda juga bisa menambahkan bahan makanan yang lebih menyehatkan untuk dikonsumsi Anda dan keluarga.

Baca Juga: Cermat Memilih Makanan Beku (dwa/odi)