Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 08 Mar 2018 09:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Asupan makanan berperan turunkan berat badan. Peneliti sebut konsumsi makanan yang sama setiap hari bisa picu susutnya berat badan. Benarkah?

Meski terdengar asing, mengonsumsi jenis makanan yang sama setiap harinya justru membantu untuk menurunkan berat badan hingga beberapa kilogram, lapor Food NDTV (07/18).

Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?Konsumsi makanan yang sama setiap hari bisa turunkan berat badan. Foto: iStock

Menurut konsultan nutrisi, Dokter Rupali Datta, konsumsi makanan yang sama setiap hari dapat menimbulkan efek bosan, sehingga orang akan mengurangi porsi makanan menjadi lebih kecil karena bosan.

Baca Juga: Apa Boleh Kita Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari?

Namun, Dokter Rupali menjelaskan bahwa pola diet ini tidak terlalu bagus untuk jangka panjang, karena dapat menurunkan sistem metabolisme tubuh. Ini disebabkan karena setelah memakan jenis makanan yang sama, tubuh cenderung menginginkan makanan-makanan yang berkalori tinggi dan tidak sehat. Hal ini bisa membuat berat badan akan kembali ke berat semula.

"Sebenarnya metode ini masih sejenis mitos. Anda bisa menerapkan metode ini dengan mengonsumsi makanan sehat kaya serat setiap harinya untuk membantu penurunan berat badan," tutur ahli gizi Dokter Anju Sood.

Konsumsi Makanan yang Sama Tiap Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?Konsumsi makanan yang sama setiap hari bisa cegah obesitas. Foto: iStock

Metode pola makan ini sebenarnya berguna untuk mencegah obesitas, karena mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya dapat menurunkan respons tubuh terhadap stimulus. Tapi metode ini juga dapat menyebabkan seseorang menginginkan makanan yang tidak sehat seperti junk-food.

Meski ini merupakan salah satu metode yang berguna untuk menurunkan berat badan, tapi tubuh juga harus diberikan asupan nutrisi yang tidak bisa didapatkan dari makanan yang sama. Faktanya, menurut Harvad School of Public Health, mengonsumsi variasi makanan yang beragam justru dapat menurunkan risiko obesitas.

Perlu diingat bahwa metode ini tidak bagus untuk jangka panjang, dan penting untuk berkonsultasi ahli gizi sebelum konsumsi makanan yang sama setiap hari.

Baca Juga: 10 Selebriti Ini Melahap Makanan yang Sama Hampir Setiap Hari (lus/odi)