Teh Klasih hingga Kekinian

Benarkah Minum Teh Buah Bisa Sebabkan Erosi Gigi? Ini Kata Ahli

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 03 Mar 2018 17:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Penelitian terakhir di London menyimpulkan kalau teh rasa buah bisa merusak enamel dan erosi gigi. Kenapa ya?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh King's College ditulis dalam situs British Dental Journal lapor Takeout (1/3). Penelitian dilakukan pada 300 orang yang menderita erosi gigi parah. Ternyata mereka sering mengonsumsi minuman asam. Seperti teh rasa buah, minuman soda berperisa buah, dan infused water.

Ternyata tidak hanya minuman manis yang merusak gigi. Minuman asam juga bisa sebabkan erosi gigi.

Baca Juga: Kalau Ingin Gigi Lebih Putih Alami, Gunakan 6 Bahan Ini

Benarkah Minum Teh Buah Bisa Sebabkan Erosi Gigi? Ini Kata AhliFoto: iStock
Cara meminum minuman asam ini juga mempengaruhi kesehatan gigi. Tingkat erosi gigi bisa meningkat kalau Anda tidak langsung menelan teh buah yang Anda minum. Alias membiarkan teh tersebut di dalam mulut beberapa detik.

Teh buah panas ternyata lebih berbahaya. Karena risiko erosi gigi jadi 11 kali lebih besar. Tapi kalau dikonsumsi sambil makan, maka risiko erosi giginya berkurang setengahnya. Karena makanan menghasilkan air liur. Air liurlah yang bisa mengurangi asam. Selain air liur, ternyata keju juga bisa mengurangi tingkat keasaman.

Tapi para ahli menyarankan untuk minum air yang netral. Yaitu air putih atau susu. Keduanya bahkan dinilai baik bagi gigi.

Atau kalau sangat suka teh buah, Anda harus bisa mengurangi jumlah konsumsi perharinya. Efeknya selain tidak gampang haus, gigi Anda juga terhindar dari erosi.

Baca Juga: Gigi Sakit Setelah Makan Makanan Panas atau Dingin Atasi dengan 5 Cara Ini! (dwa/odi)