Apa Benar Minum Kopi dan Teh Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari?

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 23 Feb 2018 06:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Agar bisa BAB di pagi hari biasanya orang mengonsumsi teh atau kopi. Apa benar dua minuman ini bisa perlancar pencernaan?

Bagi sebagian orang, pagi hari merupakan waktu yang pas untuk buang air besar untuk membersihkan sistem pencernaa. Tapi banyak juga yang mengalami kesulitan buang air besar di pagi hari, sehingga membutuhkan bantuan dari kopi atau teh.

Apa Benar Minum Kopi dan Teh Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari?Foto: iStock

Baca Juga: Atasi Sembelit di Pagi Hari dengan Segelas Air Lemon Hangat

Dilansir dari Food NDTV (20/18), kopi dan teh mengandung kafein yang bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan merangsang aktivitas otak. Asupan kafein yang cukup juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh secara alami.

Selain itu kafein juga bertugas mengurangi pergerakan usus di pagi hari. Cairan hangat bertindak sebagai alat untuk memperlebar pembuluh darah dalam sistem pencernaan, sehingga mendorong untuk buang air besar.

Apa Benar Minum Kopi dan Teh Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari?Foto: iStock

Tapi tidak hanya teh dan kopi saja, jenis minuman hangat lainnya juga memiliki khasiat yang sama. Menurut Dokter Simran Saini,ahli nutrisi di Fortis Hospital, minuman panas dapat membantu kontraksi dan relaksasi di saluran pencernaan, yang membantu tinja untuk keluar.

Para ahli juga menyebutkan bahwa ada proses peristalsis, yaitu gerakan seperti gelombang alami yang terjadi di usus. Gelombang ini sangat penting bagi makanan untuk melewati dinding usus, yang membantu sistem pencernaan. Tapi bagi sebagian orang, gelombang itu tidak terlalu kuat, sehingga kandungan kafein dapat membantu meningkatkan gelombang peristalsis.

Apa Benar Minum Kopi dan Teh Bisa Lancarkan BAB di Pagi Hari?Foto: iStock

Tapi para ahli dan dokter tetap menyarankan untuk tidak bergantung pada kafein. Jika Anda mengalami kesulitan buang air besar secara terus menerus, Anda dapat meningkatkan asupan serat buah dan sayuran, atau berkonsultasi langsung ke dokter.

Baca Juga: Mengalami Gangguan BAB? Atasi dengan Makan Jeruk dan Ubi Rebus (sob/odi)
Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat

Menu Ke-30 : Sayur Gurih Rebung dan Sayur Gurih Pepaya Siap Jadi Pelengkap Makan Ketupat