Ternyata Makanan dan Minuman Enak Ini Tinggi Kalori

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Feb 2018 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Porsi makan sudah dikurangi tapi berat badan tidak kunjung turun? Bisa jadi karena Anda konsumsi makanan dengan kalori tinggi yang tersembunyi.

Sebuah penelitian dari The Office for National Statistics, menemukan bahwa rata-rata setiap orang mengasup sekitar 50% kalori lebh banyak dari yang mereka pikirkan. Ini karena banyaknya kandungan kalori tersembunyi dalam beberapa jenis makanan.

Baca Juga: Meski Rendah Lemak, Makanan Sehat Bisa Berkalori Tinggi

Dilansir Huffington Post (19/02/18), menurut Duane Mellor selaku ahli gizi dan nutrisi di Coventry University, informasi tabel makanan pada kemasan kadang tidak jelas sehingga menyebabkan orang-orang tidak perduli dengan konsumsi kalori mereka.

Duane juga memamparkan makanan dan minuman apa yang paling banyak menyimpan kalori tesembunyi.

1. Kalori dalam kopi
Ternyata Makanan dan Minuman Enak Ini Tinggi KaloriFoto: iStock


Menurut Duane, satu cafe latte berukuran besar mengandung hampir 250 kalori, atau sekitar 10% asupan energi yang disarankan untuk wanita selama sehari. Michelle McGuinnes, selaku ahli diet dan perwakilan dari British Dietic Association mengatakan bahwa kopi yang beragam rasa memiliki kalori tersembunyi paling banyak. Anda tetap bisa menikmati kopi, dengan memilih takaran gelas kopi yang paling kecil.

2. Kalori dalam jus dan smoothies
Ternyata Makanan dan Minuman Enak Ini Tinggi KaloriFoto: iStock


Meski dikenal sebagai minuman sehat, jus buah dan smoothie bisa memiliki kalori tinggi, terutama dari gula. Meski terdiri dari gula alami yang berasal dari buah, tapi McGuinnes menyarankan untuk mengawasi asupan porsi jus dan smoothie dan hindari penambahan susu serta madu yang membuat minuman alami ini menjadi tidak sehat.

3. Kalori dalam camilan
Ternyata Makanan dan Minuman Enak Ini Tinggi KaloriFoto: iStock


Meski banyak makanan ringan yang dinilai sehat, tapi beberapa masih memiliki kalori yang tersembunyi. Salah satunya protein bar yang terdiri dari gandum sehat. Tapi karena gandum dicampur dengan mentega dan gula, membuat cemilan ini memiliki kalori tinggi. McGuinnes juga menambahkan bahwa beberapa pastry seperti roti daging bisa mengandung lebih dari 500 kalori.

4. Kalori dalam topping dan dressing
Ternyata Makanan dan Minuman Enak Ini Tinggi KaloriFoto: iStock


Menambahkan topping dalam makanan atau menambahkan saus salad memang membuat makanan menjadi terasa lebih lezat, tapi hal ini justru membuat kalori melambung tinggi. McGuinnes merekomendasikan untuk tidak menambahkan keju dalam burger, pasta, atau sandwhich. Ini dikarenakan keju berasal dari susu yang terkadang disajikan dalam jumlah berlebih, sehingga membuat kalori makanan menjadi tinggi.

5. Kalori dalam minyak goreng
Ternyata Makanan dan Minuman Enak Ini Tinggi KaloriFoto: iStock


Penting untuk mengetahui berapa jumlah kalori dalam setiap takaran minyak goreng yang Anda gunakan. Hindari menumis sayuran, karena sayuran cenderung menyerap minyak ketika ditumis. Sehingga sayuran yang seharusnya menjadi makanan sehat, justru menjadi makanan yang tinggi kalori karena menyerap minyak.


Baca Juga: Makanan yang Kelihatan Sehat Ini Ternyata Tinggi Kalori! (sob/odi)