Selain Bikin Gulai Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun Kunyit

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 19 Feb 2018 13:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain umbi kunyit, daun kunyit juga punya banyak manfaat yang menyehatikan tubuh. Salah satunya sebagai obat antiseptik alami.

Kunyit sering digunakan untuk memberi warna kuning cantik pada makanan. Selain itu, rempah ini juga punya beragam manfaat bagi tubuh. Mulai dari mencegah kanker usus besar hingga memperbaik sel otak.

Biasanya rempah ini dibeli tanpa daun dan batangnya. Padahal daun kunyit juga punya banyak manfaat bagi tubuh. Duan kunyit biasnya menjadi pelengkap bumbu gulai atau rendang. Karena daun ini juga punya aroma seperti kunyit.

Dilansir Food NDTV (13/2), seorang ahli gizi asal India bernama Dr. Anju Sood mengatakan kalau daun kunyit punya sifat antiseptik dan anticarcinogen. Daun kunyit juga punya kandungan antioksidan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari daun kunyit.

1. Bumbu masak

Selain Bikin Guali Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun KunyitFoto: iStock
Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan kunyit di dapur. Air rendaman ekstrak daun kunyit kering juga bisa dijadikan pewarna makanan. Warnanya sama dengan warna yang diberikan kunyit. Daun kunyit sudah banyak digunakan pada sajian khas India, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Seperti Patholi dari India. Hidangan pangsit kukus dengan rasa manis yang dibungkus dengan daun kunyit. Kalau di Indonesia, daun kunyit biasa di pakai sebagai bumbu gulai.

2. Baik bagi sistem pencernaan

Selain Bikin Guali Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun KunyitFoto: iStock
Daun kunyit ternyata bisa meningkatkan fungsi sistem pencernaan tubuh. Karena zat curcumin yang ada di dalamnya bisa memacu kinerja empedu. Empedu merupakan salah satu organ penting yang dibutuhkan sistem pencernaan. Peningkatan jus empedu dalam tubuh bisa melancarkan pencernaan.

Baca Juga: Kunyit dalam Racikan Bumbu Kari Ternyata Mampu Memacu Perbaikan Sel-sel Otak

3. Anti-inflamasi

Selain Bikin Guali Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun KunyitFoto: thinkstock
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi. Begitupun dengan daun kunyit. Penderita penyakit sendi seperti osteoarthritis dan rheumatoid sebaiknya mengonsumsi daun kunyit.

Para ahli mengatakan jika senyawa bioaktif yang ada pada daun kunyit bisa meringankan nyeri sendi. Tapi sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui berapa banyak sebaiknya Anda mengonsumsi daun kunyit per hari.

4. Baik untuk kecantikan

Selain Bikin Guali Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun KunyitFoto: iStock
Zat curcumin tidak hanya baik bagi organ dalam. Ternyata zat ini sangat baik bagi kulit. Caranya dengan membuat masker daun kunyit.

Tumbuk daun kunyit hingga halus. Lalu oleskan pada permukaan kulit seperti wajah, lengan atau kaki. Masker ini bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit. Sekaligus mengurangi noda hitam.

5. Antiseptik alami

Selain Bikin Guali Jadi Harum, Ini 5 Manfaat Sehat Daun KunyitFoto: iStock
Selain anti-inflamasi, zat curcumin punya manfaat lain. Seperti anti bakteri dan antivirus. Sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Tumbuk daun kunyit dengan sedikit air. Lalu oleskan pada kulit yang terluka baik luka gores hingga luka bakar ringan.

Baca Juga:https: Rutin Konsumsi Kunyit dan Teh Hijau Agar Terhindar dari Kanker Usus Besar (dwa/odi)