Ketombe Bikin ​Sebel?​ Atasi dengan 4 Masker ​Rambut dari ​Lemon Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 21 Jan 2018 16:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Rambut berketombe bisa membuat kulit kepala gatal. Untuk atasinya, Anda bisa gunakan bahan alami dengan campurkan lemon plus beberapa bahan lain. Apa saja ya?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketombe disebabkan karena sel-sel di bawah kulit memiliki usia yang sangat pendek. Kondisi ini disebabkan karena jamur, Malassezia yang memakan sebum atau sekresi minyak dari kulit kepala kita. Sehingga sel kulit mati karena terbentuk kulit baru.

Tak harus menggunakan bahan kimia, ketombe bisa diatasi dengan bahan yang ada di dapur, salah satunya lemon. Lemon telah dikenal sebagai obat yang efektif melawan ketombe. Kandungan asam sitrat yang ada pada lemon dapat membantu melawan ketombe dan mengangkatnya dari kulit kepala.

Dikutip dalam NDTV (20/01), berikut ini beberapa cara untuk atasi masalah ketombe dengan cara alami.

Baca juga: Ketombe Bisa Diatasi dengan Rutin Makan Bawang Putih dan Pisang

1. Lemon dengan yogurt

Ketombe Bikin Sebel? Atasi dengan 4 Masker Rambut dari Lemon Ini!Foto: iStock

Kombinasi antara lemon dan yogurt sama-sama kuat untuk menghilangkan ketombe. Enzim alami dan asam yang terkandung di dalamnya dapat membantu menghilangkan ketombe. Campurkan sekitar 2 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan jus lemon. Oleskan ke kulit kepala dengan lembut, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan shampo hingga bersih.

2. Lemon dengan madu

Ketombe Bikin Sebel? Atasi dengan 4 Masker Rambut dari Lemon Ini!Foto: iStock

Kombinasi lemon dan madu bisa membuat rambut lebih bersih dan halus. Senyawa anti inflamasi dan anti mikroba dalam madu dapat mencegah aktifitas jamur di bawah kulit. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyiapkan 1 sdm jus lemon, 3 sdm madu yang dicampurkan hingga rata. Oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan shampo, ulangi cara ini 3 sampai 4 hari sekali.

3. Lemon dan telur

Ketombe Bikin Sebel? Atasi dengan 4 Masker Rambut dari Lemon Ini!Foto: iStock

Telur tidak hanya bisa jadi masker wajah. Telur yang dicampurkan dengan 1 sdm jus lemon bisa membuat kulit kepala lebih bersih dan rambut sehat. Telur mengandung conditioner alami dan membantu mengelupas kulit dari dalam. Kombinasi keduanya juga bisa membatasi produksi sel kulit mati. Untuk membuat maskernya, Anda bisa mencampurkan putih telur dengan jus lemon dan oleskan ke kulit kepala biarkan sampai 30 menit. Cuci dan bilas dengan shampo.

4. Lemon dan teh

Ketombe Bikin Sebel? Atasi dengan 4 Masker Rambut dari Lemon Ini!Foto: iStock

Teh dan lemon bersifat antioksidan yang dapat membantu menyingkirkan ketombe dan meremajakan kulit. Untuk membuat masker rambut ini, Anda bisa meraciknya dari air rebusan teh yang kental dan satu sendok teh jus lemon. Campurkan keduanya dan aplikasikan ke kulit kepala. Pastikan suhu tehnya tidak mendidih, alias biarkan hingga agak dingin. Biarkan campuran masker ini selama 20 menit dan bilas dengan air.

Baca juga: Atasi Ketombe dan Kulit Kepala Berminyak dengan Masker Lemon (adr/odi)