Ketombe Bisa Diatasi dengan Rutin Makan Bawang Putih dan Pisang

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 17 Agu 2016 11:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Ketombe bisa diatasi dengan perawatan rambut. Tetapi asupan makanan juga berperan penting untuk kesehatan kulit kepala.

Ketombe adalah pengelupasan kulit mati berlebihan pada kulit kepala. Selain pakai sampo antiketombe, ada banyak makanan sehari-hari yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

Apel yang renyah segar hingga jahe yang pedas hangat mampu memberi nutrisi pada kulit kepala dan rambut.

1. Jahe



Untuk Anda yang berketombe karena gangguan pencernaan, jahe salah satu solusinya. Jahe menyehatkan sistem pencernaan serta punya sifat anti bakteri dan anti jamur.

2. Bawang Putih



Bawang putih punya konsentrasi allicin yang tinggi, senyawa anti jamur alami yang membantu menghilangkan ketombe. Bisa dimakan segar atau digosokkan pada kulit kepala.

Tumbuk bawang putih mentah, biarkan beberapa menit sebelum digunakan. Atau, oleskan langsung di kulit kepala. Untuk kulit sensitif, larutkan bawang putih dengan air sebelum dgosokkan ke kulit kepala.

3. Biji Bunga Matahari



Biji bunga matahari membantu mengendalikan produksi sebum, lapisan lilin lemak pada permukaan kulit, dan sumber zinc serta vitamin B6. Biji bunga matahari juga meningkatkan metabolisme sehingga mengontrol ketombe karena gangguan pencernaan.

4. Gandum



Bulir gandum kaya akan zinc dan vitamin B6 dan vitamin B lainnya. Anda bisa tambahkan gandum di dalam milkshake, roti, dan sereal sarapan..

5. Apel



Apel punya kandungan antioksidan yang tinggi. Anda dapat langsung memakannya atau menambahkannya dalam salad buah. Cara lain, olesi kulit kepala dengan jus apel lalu pijat kulit kepala sebelum bilasan terakhir saat keramas.

6. Pisang



Buah yang empuk manis ini mengandung vitamin B6,A,C,E, dan mineral seperti zinc, kalium, zat besi. Pisang juga mengandung asam amino dan antioksidan.

Anda bisa makan langsung atau campur dengan alpukat dan yogurt. Lumatkan pisang lalu oleskan di kulit kepala, biarkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air. (msa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com