Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar Makanan

Devi Setya - detikFood Kamis, 11 Jan 2018 11:20 WIB
Foto: CBC/iStock Foto: CBC/iStock
Jakarta - Saat sedang diet banyak jenis makanan yang harus dicoret dari daftar santapan. Termasuk yogurt dan nasi putih.

Dilansir dari Daily Mail (11/1), seorang pakar diet asal Australia, Susie Burrell, menyarankan untuk menyingkirkan tujuh makanan saat sedang diet. Pasalnya Susie menganggap makanan-makanan ini bisa memicu kenaikan berat badan.

Dalam blognya, Susie menyebutkan tujuh makanan yang harus dihindari namun Ia juga menyebutkan alternatif pengganti makanan ini.

1. Roti bakar Turki
Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: Istimewa

Jika segelas latte dan roti bakar Turki jadi sarapan Anda setiap hari maka ubahlah menunya mulai hari ini. "Faktanya roti bakar Turki dari kafe setempat memiliki jumlah karbohidrat yang hampir sama dengan setidaknya empat potong roti biasa," tulis Susie.

Alasan mengapa roti bakar Turki memicu kenaikan berat badan adalah karena irisannya lebih tebal daripada sepotong roti biasa dan juga terbuat dari tepung terigu. "Roti Turki juga sangat tinggi garam, yang merupakan alasan lain untuk menyingkirkannya dari daftar makanan, untuk selamanya," tambah Susie. Sebagai gantinya, Anda bisa menyantap roti yang terbuat dari gandum utuh.

2. Banana bread
Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: Istimewa
Susie menegaskan bahwa banana bread adalah 'benar-benar cake'. "Ada 80 gram karbohidrat, 20 gram gula pasir dan 30 gram lemak dalam satu irisan banana bread," kata Susie.

Ahli diet menjelaskan bahwa banyak orang mengasup 300-400 kalori ke dalam tubuh padahal sebenarnya tidak dibutuhkan. Ganti banana bread dengan roti sourdough. Asal konsistten, dengan menu pengganti ini Anda bisa langsing dalam beberapa minggu.

3. Margarin
Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: Getty Images/Pinterest
Banyak orang mengganti mentega dengan margarin yang lebih rendah kalori. Namun Susie mengatakan dibandingkan menggunakan margarin, sebaiknya pilih minyak sayur.

Karena nyatanya, semua margarin memiliki basic bahan awal berupa minyak sayur. "Meskipun ada beberapa yang mengklaim dapat mengurangi kolesterol, tapi tidak ada gunanya menambahkan minyak olahan ke dalam makanan," kata Susie.

Baca juga : Lagi Diet? Ini Waktu Terbaik untuk Konsumsi 10 Jenis Makanan Ini (1)

4. Yogurt buah
Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: Istimewa
Sekilas yogurt buah mengandung segala kebaikan mulai buah, probiotik dan nutrisi yang sehat. Tapi menurut Susie, yogurt buah adalah musuh besar ketika Anda sedang menjalani diet. Bahkan yogurt buah yang paling sehat saja mengandung setidaknya empat sendok teh gula.

Singkirkan yogurt buah dalam pilihan menu dan sebagai gantinya pilih yogurt alami atau Greekbyogurt yang tidak mengandung pemanis tambahan dan dengan tambahan buah asli.

5. Nasi putih

Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: iStock
Semangkuk nasi putih mengandung 45 gram karbohidrat sementara jika dibandingkan dengan sepotong roti yang hanya mengandung 12-15 gram karbohidrat. Jenis karbohidrat pada nasi bisa memicu kenaikan glukosa pada darah.

Singkirkan nasi putih dari menu Anda dan ganti dengan mengonsumsi nasi merah atau brown rice.

6. Kentang goreng
Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: iStock

French fries termasuk makanan yang paling banyak disukai orang karena rasanya yang lezat. Tapi makanan ini bisa jadi pemicu masalah melebarnya ukuran lingkar pinggang Anda.

"Masalah pada kentang goreng tertetak pada kentang yang menyerap lebih banyak minyak. Ini hal yang membuat Anda mengonsumsi minyak secara tidak sadar," kata Susie. Semangkuk kentang setidaknya mengandung 300 kalori.

Baca juga : Jika 5 Makanan Ini Dihindari, Berat Badan Justru Cepat Naik

7. Biskuit
Lagi Diet? Mulai Sekarang Coret 7 Makanan Ini dari Daftar MakananFoto: iStock
Tahun 2018 adalah saatnya Anda menjauhkan biskuit dari meja kerja Anda. "Biskuit biasanya mengandung gula, minyak sayur dan tepung terigu. Tidak ada nutrisi baik di dalamnya," kata Susie. Sebagai solusi, Anda harus berani mengatakan tidak, saat ditawari biskuit. Bahkan biskuit biasa. (dvs/odi)