Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 06 Jan 2018 11:00 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Kurang air dan vitamin C bisa timbulkan sariawan di sekitar area mulut. Agar tak makin parah, Anda bisa mengobatinya dengan bahan makanan alami ini.

Meskipun sepele, sariawan bisa mengganggu proses mengunyah ataupun berbicara. Sariawan bisa disebabkan karena luka akibat terkena sikat gigi ataupun timbul jamur di mulut.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan beberapa bahan-bahan alami yang direkomendasikan oleh NDTV ini.

Baca juga: Padukan Madu dengan 8 Bahan Ini untuk Bantu Turunkan Berat Badan (1)

1. Madu
Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!Foto: ilustrasi/thinkstock
Madu mengandung antibakteri yang sangat efektif untuk mengobati sariawan. Madu dapat memberikan kelembaban dan mencegah bibir kering.

Jika Anda mengalami sariawan, Anda bisa mengolesinya pada ke area sariawan. Andapun dapat menambahkan beberapa kunyit untuk mempercepat proses penyembuhan. Aplikasikan setiap beberapa jam untuk proses penyembuhan optimal.

2. Minyak kelapa
Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!Foto: Thinkstock
Minyak kelapa dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang diakibatkan ulkus dengan mengurangi pembengkakan.

Minyak kelapa juga mengandung anti inflamasi yang bisa meredakan sariawan. Anda dapat mengoleskan bola kapas yang sudah diberi beberapa tetes minyak kelapa dan menerapkannya pada sariawan. Ulangi setiap beberapa jam sekali.

3. Cuka sari apel
Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!Foto: thinkstock
Meskipun agak perih, sifat asam cuka sari apel cukup ampuh redakan sariawan. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan setengah cangkir air dan larutkan di mulut selama beberapa menit. Anda dapat berkumur setiap pagi dan malam hari.

4. Air garam
Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!Foto: iStock
Air garam tidak hanya bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi. Obat yang satu ini juga direkomendasikan untuk atasi masalah sariawan.

Air garam memiliki efek menenangkan pada luka sariawan dan garam juga dapat membantu proses penyembuhan. Ambil segelas air hangat dan tambahkan dengan satu sendok makan garam ke dalamnya, Berkumur dengan larutan ini setelah beberapa jam.

5. Jus jeruk
Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!Foto: Straits Times / iStock
Tidak hanya bisa konsumsi buah segarnya. Jus jeruk juga mengandung tinggi vitamin C. Minum dua gelas jus jeruk atau jeruk nipis dapat membantu redakan sariawan.

6. Bawang putih
Sariawan Tak Kunjung Sembuh? Atasi dengan 6 Bahan Alami Ini!Foto: Independent/Thinkstock
Salah satu pengobatan rumahan yang umum digunakan untuk sariawan adalah bawang putih. Anda dapat memarut bawang putih dan membalurkannya pada sariawan selama satu atau dua menit. Kemudian bilas mulut dengan air, setelah 30 menit Anda bisa mengulanginya kembali.

Baca juga: Sariawan dan Panas Dalam? Kurangilah Konsumsi Gula dan Kopi (dvs/lus)